Waktu dan Jenis Camilan yang Aman Dikonsumsi

Makanan saat ini tidak hanya dibutuhkan sebagai “pengisi perut”, melainkan juga bisa menjadi jalan eksistensi. Saat ini banyak orang yang membeli makanan lebih dari sekadar untuk dimakan, melainkan juga difoto dan diunggah di media sosial untuk meningkatkan eksistensi. Gaya hidup yang sedang tren tersebut mempengaruhi seseorang untuk membeli makanan lebih sering, tidak terkecuali membeli camilan.

Mengonsumsi camilan sering kali dinggap sebagai “selingan” menyenangkan dan tidak mengenyangkan. Beberapa orang juga mengonsumsi camilan di sela-sela kesibukan dengan alasan untuk menambah energi dan mengurangi stres. Mengonsumsi camilan atau makanan ringan sebenarnya tidak dilarang sepenuhnya, tetapi tetap harus mempertimbangkan kapan dan apa camilan yang akan dimakan. Pertimbangan waktu dan jenis camilan tersebut sangat penting supaya tubuh tidak mendapatkan asupan makanan berlebih yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Jumlah makanan berlebih yang masuk ke tubuh selain bisa menaikkan berat badan juga bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Oleh karena itu, perhatikan pemilihan waktu dan jenis camilan yang aman dikonsumsi sebagai berikut.

Waktu yang Tepat untuk Makan Camilan

Makan camilan sebenarnya bisa menjadi salah satu jalan bagi tubuh untuk mendapatkan energi tambahan. Akan tetapi, mengonsumsi camilan haruslah mempertimbangkan waktu yang tepat. Sebaiknya hindari mengonsumsi camilan di larut malam sebelum tidur karena makanan akan sulit dicerna tubuh sehingga akan menumpuk dan menaikkan berat badan. Lalu kapan waktu yang tepat untuk nyamil?

  • Setelah Berolahraga

Camilan boleh dikonsumsi saat tubuh selesai berolahraga untuk membantu mengembalikan energi tubuh yang hilang. Camilan boleh dikonsumsi setelah tubuh melakukan olahraga kurang lebih selama 60 menit. Camilan yang direkomendasikan dikonsumsi setelah olahraga, di antaranya smoothie atau kacang-kacangan.

  • 4 Jam Setelah Mengonsumsi Makanan Utama

Waktu yang baik untuk mengonsumsi camilan adalah ketika tubuh merasa lapar tetapi belum tiba waktu makan. Akan tetapi, tidak semua rasa lapar tersebut harus dituruti, melainkan tetap harus diperhatikan kapan rasa lapar tersebut datang. Waktu yang aman untuk mengonsumsi camilan adalah 4 jam setelah makan pagi atau 4 jam setelah makan siang, yakni antara pukul 10.00-11.00 atau pukul 15.00-14.00. Pada waktu tersebut, tubuh sedang melakukan aktivitas yang padat sehingga membutuhkan asupan energi untuk melancarkan aktivitas. Camilan yang dikonsumsi pada waktu tersebut juga akan dicerna tubuh dengan baik karena tubuh aktif beraktivitas.

Jenis Camilan yang Aman Dikonsumsi

Selain waktu yang tepat, jenis camilan yang akan dikonsumsi pun harus diperhatikan. Camilan yang aman dikonsumsi adalah makanan atau minuman yang rendah lemak, tinggi protein, dan memiliki indeks glikemik yang tinggi, misalnya buah-buahan. Hindari mengonsumsi camilan yang mengandung lemak, karbohidrat sederhana, dan garam tinggi, seperti permen coklat, kue, atau makanan instan karena bisa membuat berat badan naik dan menumpuknya zat aditif dalam tubuh. selain itu, camilan yang mengandung karbohidrat tinggi juga bisa membuat tubuh menjadi mengantuk. Oleh karena itu, pilihlah camilan yang sehat supaya bisa menambah asupan energi tetapi tidak membuat berat badan naik secara signifikan. Selain memerhatikan jenis camilan yang akan dikonsumsi, Anda juga perlu memerhatikan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh setiap harinya untuk menghindari tubuh mendapatkan asupan makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan justru bisa menaikkan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *