Cegah Penuaan Dini: Ini Tipsnya

Penuaan dini merupakan kondisi tubuh yang ditakuti oleh banyak orang. Penuaan dini dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri karena merasa penampilannya kurang maksimal. Sebenarnya, apasih penuaan dini tersebut? Bukankah manusia memang pada dasarnya akan menua secara alami?

Pengertian

Penuaan dini adalah proses penuaan kulit yang terjadi lebih cepat daripada seharusnya, misalnya terjadi pada usia memasuki umur 20-an. Penuaan dini ditandai dengan beberapa gejala, di antaranya menculnya keriput atau garis-garis halus di wajah dan sekitar wajah, kulit menjadi kendur dan kering, munculnya flek hitam di wajah, munculnya lingkaran hitam di sekitar mata, pori-pori kulit membesar, terjadi penumpukan lemak, dan gejala-gejala yang lain. Penuaan dini bisa terjadi karena faktor internal dari tubuh atau faktor eksternal, seperti terlalu sering terpapar sinar matahari, merokok, sering mengomsumsi alkohol, kurang tidur, stress, polusi udara, dan faktor yang lain.

Pencegahan

Datangnya penuaan dini dapat dicegah melalui beberapa cara berikut.

  • Konsumsi Air Putih yang Cukup

Penuaan dini yang mungkin terjadi pada beberapa bagian tubuh dapat dicegah dengan minum air putih yang cukup sekitar 8 gelas per hari. Sesuaikan jumlah air putih yang diminum dengan aktivitas harian supaya tubuh tetap terhindrasi, lembab, dan tidak mudah kering. Kulit yang cukup kadar air putih dapat kulit lembab dan tampak segar. Kekurangan kadar air atau cairan dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam sehingga bisa memicu munculnya penuaan dini.

  • Rajin Berolahraga

Olahraga dengan teratur dapat membantu memperkuat otot dan mengencangkan kulit bagian luar. Olahraga yang bisa dilakukan untuk mencegah penuaan dini adalah yoga yang bisa melatih teknik pernapasan. Teknik pernapasan yang baik dapat membantu metabolisme berjalan baik sehingga baik untuk kesehatan kulit.

  • Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dna sayur mengandung vitamin dan mineral yang bisa membantu menjaga kesehatan dan kekencangan kulit. Buah yang bisa dikonsumsi untuk membantu mencegah penuaan dini adalah jeruk, pisang, apel, pepaya, dan buah jenis lain. Sedangkan sayur yang bisa dikonsumsi di antaranya brokoli, bayam, sawi, kangkung, dan lain-lain. Perlu diingat, konsumsi buah dan sayur tersebut juga harus diimbangi dengan makanan jenis lain untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan kulit.

  • Konsumsi Suplemen Mengandung Vitamin E

Suplemen yang mengandung vitamin E dapat dikonsumsi untuk membantu menjaga kekencangan dan meremajakan kulit. Vitamin E juga dapat membantu regenerasi sel kulit menjadi lebih optimal sehingga kulit sehat dan tidak mengalami penuaan dini.

  • Gunakan Krim Wajah yang Aman

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menambahkan menggunakan krim wajah yang aman untuk membantu mencegah penuaan dini. Krim wajah yang digunakan sebaiknya adalah krim malam yang mengandung bahan alami yang bisa membantu regenerasi sel kulit ketika Anda tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *