Tips Membersihkan Karang Gigi dengan Bertahap

Karang gigi tidak boleh dibiarkan begitu karena dapat menyebabkan masalah mulut yang lebih serius. Bahaya atau efek samping dari karang gigi sudah dijelaskan pada ulasan sebelumnya. Karena ada efek samping yang bisa mengganggu kesehatan dan kepercayaan diri, sebaiknya Anda segera membersihkan karang gigi sebelum menumpuk terlalu banyak.

Tips berikut dapat dipraktikkan untuk membersihkan karang gigi Anda. Yang perlu diperhatikan adalah karang gigi tidak dapat dihilangkan hanya dengan sekali usaha, melainkan Anda harus rutin membersihkannya setiap hari. Membersihkan karang gigi dapat memanfaatkan bahan dan cara-cara sebagai berikut.

1. Rajin Menggosok Gigi

Cara pertama untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan rajin menggosok gigi secara tepat dan teratur. Gosok gigi dilakukan minimal 2 kali sehari. Dengan menggosok gigi, sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi dapat terangkat. Cara menggosok gigi yang tepat adalah dengan menggosok dari bawah ke bawah secara memutar. Gosok dengan lembut dan merata kemudian berkumur sampai bersih. Usahakan pilihlah pasta gigi khusus untuk menghilangkan karang gigi dengan memilih pasti gigi yang mengandung fluroid atau tartar control. Anda juga bisa menggunakan cairan mouth wash setelah gosok gigi supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Bersihkan Gigi dengan Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung vitamin C yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan karang gigi karena bisa melawan mikroorganisme dan menghilang plak. Kulit jeruk juga bisa memutihkan gigi dan menyegarkan bau mulut. Pengaplikasiannya pun tidak sulit. Ambil kulit dari satu buah jeruk kemudian gunakan bagian dalam kulit jeruk untuk menggosok gigi. Lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur agar karang gigi bisa berkurang.

3. Bersihkan Gigi dengan Cengkeh dan Air Lemon

Tumbuk sampai halus 4-5 butir cengkeh kemudian tambahkan satu sendok makan perasan buah lemon dan aduk sampai merata. Setelah itu, olehkan larutan tersebut pada gigi dan gosok dengan sikat gigi. Lakukan hal tersebut secara rutin dan berkala agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Flossing

Flossing adalah membersihkan gigi dengan menggunakan benang khusus gigi. Flossing dapat dilakukan 1 kali sehari untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi. Flossing juga dapat membantu bakteri yang ada pada gigi dan mulut.

Beberapa cara tersebut dapat diaplikasikan secara rutin untuk membersihkan karang gigi. Apabila karang gigi tersebut sulit dibersihkan dan mengganggu kesehatan mulut, sebaiknya segera Anda periksakan ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *