Siapa Saja yang Boleh dan Tidak Boleh Diet?

Diet adalah salah satu pola hidup sehat yang umumnya dilakukan oleh seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Orang yang memiliki berat badan berlebih umumnya melakukan diet untuk menurunkan berat badan agar ideal. Akan tetapi, tujuan diet sebenarnya lebih dari itu. Diet juga bermanfaat melatih tubuh untuk terbiasa mengonsumsi makanan sehat dalam porsi yang cukup. Diet juga bisa merangsang rasa lapar tubuh agar datang di waktu yang tepat dan menekan nafsu makan berlebih yang sebenarnya tidak diperlukan tubuh. Diet akan menghasilkan manfaat baik tersebut jika dilakukan dengan tepat dan dilakukan oleh orang yang tepat pula.

Diet untuk menurunkan berat badan tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang karena diet dengan tujuan tersebut biasanya dilakukan dengan mengurangi porsi makanan. Oleh karena itu, tidak semua orang boleh melakukan diet karena kondisi kesehatan setiap orang tidak sama. Siapa saja yang boleh dan tidak boleh diet? Simak ulasannya berikut.

Orang yang Boleh Diet

Orang yang boleh melakukan diet untuk menurunkan berat badan tentunya adanya orang yang memiliki berat badan berlebih atau orang yang mengalami obesitas. Penderita obesitas dianjurkan untuk diet dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan porsi yang cukup. Selain diet, penderita obesitas juga bisa melakukan olahraga teratur untuk membantu diet menghasilkan berat badan yang ideal. Obesitas yang dibiarkan begitu saja dapat menimbulkan munculnya penyakit yang lebih berbahaya, misalnya penyakit jantung, kolesterol berlebih, dan penyakit lain.

Selain penderita obesitas, orang yang diperbolehkan untuk diet adalah yang kekurangan berat badan. Perlu diketahui bahwa diet bukan hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tetapi juga bisa menambah berat badan. Orang yang terlalu kurus sebaiknya juga melakukan diet dengan mengonsumsi daging, telur, atau makanan berprotein tinggi yang lain untuk menambah berat badan sampai ideal.

Diet sebaiknya juga dilakukan setelah menginjak usia dewasa minimal setelah masa pertumbuhan dan masa pubertas awal sudah lewat. Pastikan bahwa sebelum diet Anda memiliki kondisi kesehatan yang fit. Jangan sampai diet yang Anda lakukan justru bisa semakin menurunkan kesehatan. Usahakan untuk mengatur pilihan makanan agar tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak, melainkan sebaiknya konsumsi makanan variatif yang mengandung gizi seimbang supaya kebutuhan nutrisi dan energi tubuh tetap terpenuhi.

Orang yang Dianjurkan Menunda Diet

Walaupun diet bisa melatih tubuh untuk hidup lebih sehat, tetapi pada beberapa kondisi tertentu seseorang justru dilarang diet. Orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu sebaiknya hati-hati sebelum diet dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi supaya tidak salah memilih jenis diet yang ingin dilakukan.

Diet untuk menurunkan berat badan sebaiknya tidak dilakukan oleh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Anak yang mempunyai berat badan berlebih memang disarankan melakukan diet untuk mengatur pola dan porsi makan yang lebih tepat supaya berat badan dapat terkontrol. Akan tetapi, diet ketat untuk menurunkan berat sebaiknya tidak dilakukan oleh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan karena tubuh memerlukan banyak nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan. Lemak tubuh yang meningkat pada tubuh anak-anak bisa dimanfaatkan sebagai bahan pertumbuhan dan perkembangan sehingga berat badan akan turun dengan sendirinya menyesuaikan dengan tinggi badan. Oleh karena itu, anak-anak yang terlihat gemuk kadang bisa tumbuh menjadi lebih langsing tanpa melakukan diet apapun. Akan tetapi, tetap awasi makanan dan porsi makan anak untuk mencegah anak mengalami obesitas.

Diet untuk menurunkan berat badan juga sebaiknya ditunda terlebih dahulu saat wanita dalam masa kehamilan dan menyusui. Pada saat hamil, wanita memang membutuhkan asupan energi dan gizi yang cukup untuk tumbuh kembang janin yang dikandungnya. Kondisi tersebut dapat membuat wanita hamil mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan dari biasanya. Kenaikan berat badan saat hamil tergolong normal dan bisa turun sendiri setelah melahirkan jika diiringi dengan pola hidup sehat.

Selain wanita hamil, wanita menyusui juga sebaiknya menunda program diet untuk menurunkan berat badan terlebih dahulu. Pada sebagian wanita, badan kadang masih tetap saja gemuk meskipun setelah melahirkan. Kondisi tersebut sebenarnya normal dan umumnya berat badan akan turun sendiri selama masa menyusui. Wanita menyusui sebaiknya menunda diet minimal sampai bayi berumur 6 bulan karena pada usia sebelum 6 bulan bayi membutuhkan asupan ASI eksklusif untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Pada saat menyusui, umumnya wanita membutuhkan asupan kalori lebih besar karena akan dibagi kepada sang bayi dalam bentuk ASI sehingga sebaiknya tidak diet terlebih dahulu. Menyusui juga dapat membakar lemak dalam tubuh yang memang dipersiapkan sebagai sumber pembentukan ASI sehingga lama-kelamaan tubuh akan kembali ke bentuk semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *