Rahasia Kebahagiaan: Rutinitas Untuk Memulai Hari

Rutinitas pagi dapat menentukan apakah Anda dapat memaksimalkan hari tersebut. Jika Anda cenderung memulai hari Anda dalam keadaan suram dan tertekan, maka Anda pasti akan mendapat manfaat dari saran di bawah ini.

Bangun tepat waktu

Bangun tepat waktu (atau bahkan lebih awal) sangat penting untuk memulai hari secara positif. Hal ini akan memberi Anda ruang dan waktu untuk menyelesaikan rutinitas pagi. Selain itu, Anda tidak perlu tergesa – gesa untuk melakukan segala hal.

Buka jendela

Salah satu hal yang harus dilakukan saat bangun dan cahaya matahari sudah mulai terlihat adalah membuka jendela kamar. Hal ini penting dilakukan untuk menyegarkan pikiran dan bangun menyambut hari.

Rapikan tempat tidur

Dibutuhkan kurang dari satu menit untuk merapikan tempat tidur, dan Anda akan merasa lebih puas diri ketika melihat kamar tidur Anda dalam kondisi rapi.

Nikmati mandi yang menyegarkan

Mandi merupakan salah satu rutinitas yang dapat memberikan kesegaran bagi tubuh. Jangan sampai melewatkan mandi di pagi. Selain efeknya yang menyegarkan, mandi juga dapat menjadi cara untuk membersihkan diri dan cara sempurna untuk bangun sepenuhnya.

Berjalan kaki 10 menit di bawah sinar matahari pagi

Jika Anda cukup beruntung untuk tinggal dekat dengan taman, maka Anda bisa berjalan di sekitar taman sebelum pergi bekerja. Udara segar dan olahraga adalah kombinasi yang menyegarkan.

Periksa daftar yang harus dilakukan

Orang yang terorganisir cenderung harus melakukan daftar yang harus dilakukan. Cara ini membantu mereka melacak apa yang perlu dilakukan di rumah, di tempat kerja dan di luarnya.

Daftar agenda dapat menggunakan kertas, atau Anda dapat menggunakan salah satu dari banyak aplikasi gratis yang tersedia. Waktu pagi sangat cocok untuk memeriksa daftar tugas, dan memprioritaskan suatu hal untuk hari itu.

Dengarkan musik yang ceria

Musik adalah pengubah suasana hati yang kuat. Jika Anda bukan orang biasa bangun di pagi hari, maka salah satu cara untuk membantu meningkatkan keadaan fisik dan emosional adalah dengan mendengarkan musik.

Tidak ada artis atau jenis musik tertentu, hanya pilihlah musik yang membuat lebih bahagia dan hidup.

Lengkapi latihan kecil

Jika Anda memiliki gym di rumah, maka habiskan beberapa menit setiap pagi berolahraga. Hal ini akan membangunkan Anda dengan cepat, dan meningkatkan kesehatan mental.

Jika tidak memiliki gym di rumah, Anda masih dapat melakukan latihan kecil. Misalnya, coba lakukan serangkaian push-up dan sit-up.

Tinjau tujuan

Dini hari bisa menjadi waktu yang tepat untuk kontemplasi.

Meskipun Anda mungkin ingin memikirkan hal-hal sepele, orang-orang sukses sering menggunakan waktu ini untuk meninjau tujuan pribadi mereka. Anda dapat melakukan hal yang sama.

Misalnya, jika salah satu tujuan Anda adalah memulai bisnis Anda sendiri, maka gunakan waktu pagi hari untuk menghasilkan ide-ide untuk membantu menggerakkan Anda menuju tujuan ini.

Siapkan bekal makanan sehat untuk di tempat kerja

Mungkin Anda sudah mengonsumsi sarapan sehat. Akan tetapi, terkadang setelah sarapan yang sehat, Anda tergiur untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang tidak sehat sebagai camilan.

Untungnya, dengan sedikit persiapan, Anda dapat menghindari situasi ini. Caranya adalah memasukkan ke dalam tas beberapa camilan sehat seperti apel, pisang, dan kacang-kacangan. Makanan sehat ini akan membuat Anda senang sampai makan siang.

Minum segelas air

Hidrasi sangat penting bagi tubuh apalagi setelah tidur. Bahkan jika Anda seorang pecandu kafein, cobalah minum segelas air sebelum memulai hal-hal yang sulit.

Cium orang yang Anda cintai sebelum meninggalkan rumah

Jangan terburu-buru di pagi hari sehingga Anda melupakan orang-orang yang paling berharga dalam hidup.

Baik itu pasangan atau anak-anak Anda, pastikan untuk memeluk dan mencium mereka sebelum pergi. Hubungan sangat penting sehingga pastikan untuk memelihara hubungan Anda.

Source: lifehack.org, scienceofpeople.com

Baca juga:

Kebiasaan Sehat yang Membawa Kebahagiaan

Membangun Harga Diri Sebagai Kunci Kebahagiaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *