Pilih Apel Merah atau Apel Hijau?

Berbicara mengenai buah apel, tentu buah apel memiliki beragam kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk tubuh.

Buah apel sendiri memiliki berbagai kandungan seperti karbohidrat, kalori, protein, gula, serat, vitamin A, vitamin, B, vitamin C, dan vitamin D, Cholin, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Pottasium, Fosfor, Sodium dan Seng. Lalu apa sebenarnya manfaat mengkonsumsi buah apel merah atau buah apel hijau?

Manfaat Buah Apel

Buah apel memiliki berbagai jenis manfaat diantaranya:

  • Mengurangi resiko kanker. Penelitian menunjukkan bahwa buah apel memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan inilah yang diyakini dapat melawan dan mencegah pertumbuhan sel kanker.
  • Mengurangi LDL Kolestrol. Buah apel diyakini merupakan sumber dari pektin dalam membantu mengurangi kadar kolestrol LDL.
  • Mengurangi resiko penyakit kardiovaskular (Jantung, Stroke). Kandungan polifenol dalam apel mampu memberikan efek antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung serta mampu secara signifikan menurunkan risiko dari serangan stroke.
  • Mengurangi resiko diabetes. Kandungan gula yang baik dalam buah apel  mampu menurunkan risiko terserang penyakit diabetes tipe 2 apabila rutin dikonsumsi.
  • Membantu Proses Pencernaan. Kandungan serat dalam buah apel dapat membantu proses percernaan. Bahkan kulit dari buah ini juga dipercaya dapat mengobati sembelit.
  • Menjaga kesehatan gigi. Kandungan serat dalam buah apel dapat digunakan untuk membersihkan gigi, dan sifat anti virus apel dapat menjaga dari bakteri dan virus.
  • Menurunkan berat badan. Kandungan kalori yang terdapat dalam buah apek cukup rendah, sedangkan kandungan air cukup tinggi. Hal ini membuat kenyang lebih lama
  • Mengurangi asma. Kandungan antioksidan dalam buah apel cukup tinggi, hal inilah yang membuat buat apel cukup efektif untuk melindungi paru dari kerusakan oksidatif.
  • Melindungi dari katarak dan degenerasi macular. Kandungan vitamin A dan vitamin C pada buah apel dapat membantu mencegah degenerasi usia yang terkait usia makula dan melindungi terhadap katarak.M
  • Menyembuhkan Anemia. Buah apel juga kaya akan kandungan zat besi yang berperan dalam mengobati anemia.

Apakah Apel Merah dan Apel Hijau Memilki Kandungan Nutrisi yang Sama?

Setelah anda mengetahui kandungan dan manfaat dari apel hijau dan apel merah, sekarang saatnya Anda mengetahui dari kedua buah itu, mana yang lebih cocok untuk Anda dan memiliki nutrisi paling baik.

Dari Segi Rasa

Dari segi rasa, apel merah dan apel hijau memiliki sedikit perbedaan. Apel merah biasanya memiliki rasa manis, sedangkan apel hijau biasanya memiliki kombinasi rasa asam dan juga manis. Lalu, mana yang mempunyai kandungan nutrisi lebih baik dari kedua buat tersebut?

Nutrisi

Pada dasarnya, warna pada buah memang mempengaruhi kandungan nutrisinya. Begitu pula warna kulit yang apel yang berbeda juga mempengaruhi kandungan di dalamnya.

Sebenarnya, apel merah atau pun apel hijau sama- sama memiliki kandungan serat dan vitamin C dengan jumlah yang setara, akan tetapi apel merah memiliki kandungan beta karoten lebih besar daripada apel hijau, yaitu sekitar 50 persen selisihnya.

Beta karoten sendiri merupakan semacam antioksidan yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dalam melawan radikal bebas, sehingga Anda tidak mudah terserang kanker atau peradangan.

Apabila antioksidan adalah kandungan utama yang ingin Anda dapatkan, maka apel merah adalah pilihan terbaik.

Kadar Kalori

Sementara untuk perbedaan lainnya terletak pada kadar kalori dan karbohidratnya. Apel hijau memilki kadar kalori dan karbohidrat 10 persen lebih sedikit dari apel merah. Selain itu, apel hijau mempunyai kelebihan kandungan antioksidan lain yang berupa polifenol. Kandungan polifenol dan serat pada apel hijau dapat memperbanyak jumlah bakteri baik dalam usus. Bagi Anda yang berisiko terhadap asupan karbohidrat dan gula, apel hijau dapat menjadi pilihan terbaik.

Source: doktersehat.com, hellosehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *