Pilih 12 Makanan Ini Sebagai Sarapan Sehat Anda

Telur

Telur merupakan makanan yang lezat dan bergizi tinggi. Kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula. Mereka juga meningkatkan rasa kenyang dan membantu Anda makan lebih sedikit kalori.

Greek Yogurt

greek yogurt (medicalnewstoday.com)

Yogurt Yunani atau Greek yogurt merupakan krim yang lezat, dan bergizi. Jenis yogurt berkrim ini lebih terkonsentrasi pada protein. Protein sendiri telah terbukti mengurangi perasaan lapar dan memiliki efek termal yang lebih tinggi daripada lemak atau karbohidrat.

Istilah “efek termal” mengacu pada peningkatan laju metabolisme yang terjadi setelah makan.

Kopi

kopi (pxhere.com)

Minuman yang satu ini adalah minuman yang luar biasa untuk memulai hari Anda. Kafein tinggi pada kopi, telah terbukti meningkatkan mood, kewaspadaan, dan kinerja mental.

Kafein juga terbukti meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak. Selain itu, kopi kaya akan antioksidan, yang mengurangi peradangan, melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah dan mengurangi risiko diabetes dan penyakit hati.

Oatmeal

berries dengan oatmeal (pixabay.com)

Oatmeal adalah pilihan sarapan terbaik untuk pecinta sereal.

Makanan yang terbuat dari oat giling ini, mengandung serat unik yang disebut oat beta-glukan. Beta glukan sendiri memiliki banyak manfaat kesehatan yang mengesankan, termasuk mengurangi kolesterol.

Terlebih lagi, oat beta-glukan adalah serat kental yang meningkatkan perasaan kenyang.

Oat juga kaya antioksidan, yang melindungi asam lemaknya agar tidak tengik. Antioksidan ini juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Biji Chia

biji chia (pxhere.com)

Chia seeds atau biji chia sangat bergizi dan salah satu sumber serat terbaik.

Terlebih lagi, sebagian serat dalam biji chia adalah serat kental, yang menyerap air, meningkatkan volume makanan yang bergerak melalui saluran pencernaan dan membantu merasa kenyang dan puas.

Biji chia juga tinggi antioksidan, yang melindungi sel-sel Anda dari molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas yang diproduksi selama metabolisme.

Berry

berry (pxhere.com)

Buah beri merupakan makanan lezat dan dikemas dengan antioksidan.

Jenis yang populer termasuk blueberry, raspberry, stroberi dan blackberry. Mereka lebih rendah gula daripada kebanyakan buah-buahan, namun lebih tinggi serat.

Berry juga mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin, yang melindungi jantung dan dapat membantu Anda menua lebih baik.

Buah beri telah terbukti mengurangi tanda-tanda peradangan, mencegah kolesterol darah dari pengoksidasi dan menjaga sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

Kacang

berbagai jenis kacang (pxhere.com)

Kacang merupakan makanan yang enak, memuaskan, dan bergizi. Mereka adalah tambahan yang bagus untuk sarapan, karena mereka mengisi dan membantu mencegah kenaikan berat badan.

Meskipun kacang tinggi kalori, penelitian menunjukkan bahwa tubuh tidak menyerap semua lemak di dalamnya.

Selain itu, kacang-kacangan telah terbukti mengurangi faktor risiko penyakit jantung, resistensi insulin dan peradangan.

Teh Hijau

teh hijau (pixabay.com)

Green tea atau teh hijau adalah salah satu minuman paling sehat di planet ini. Minuman ini mengandung kafein, yang meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati, bersama dengan meningkatkan laju metabolisme.

Teh hijau mungkin sangat membantu melawan diabetes. Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan yang dikenal sebagai EGCG, yang dapat melindungi otak, sistem saraf dan jantung dari kerusakan.

Protein Shake

smoothie (pixabay.com)

Cara hebat lain untuk memulai hari adalah dengan shake protein atau smoothie.

Beberapa jenis bubuk protein dapat digunakan, termasuk protein whey, telur, kedelai dan kacang polong. Namun, protein whey diserap paling cepat oleh tubuh.

Selain itu, protein whey dapat membantu menurunkan kadar gula darah ketika dikonsumsi sebagai bagian dari makanan yang mengandung karbohidrat.

Terlepas dari jenis bubuk protein yang digunakan, shake protein tinggi dapat memberikan rasa kenyang. Tambahkan buah-buahan, sayuran, mentega kacang atau biji-bijian untuk menghasilkan serat dan antioksidan.

Buah

salad buah

Buah bisa menjadi bagian lezat dari sarapan bergizi.

Semua jenis buah mengandung vitamin, potasium, serat dan relatif rendah kalori. Selain itu, buah juga sangat mengenyangkan karena kandungan serat dan airnya yang tinggi.

Pasangkan buah dengan telur, keju, keju cottage atau yogurt Yunani untuk sarapan seimbang yang akan membuat Anda bertahan selama berjam-jam.

Biji rami

Biji rami merupakan makanan yang sangat sehat karena kaya serat kental, yang membantu Anda merasa kenyang selama beberapa jam setelah makan

Biji rami juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah, serta melindungi terhadap kanker payudara.

Source: fitnessmagazine.com, healthline.com

Baca juga:

Pilihan Snack Sehat

Tips Makan Sehat

Olahraga dan Makanan Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *