Perawatan Rumah Untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak merupakan hasil dari produksi sebum yang berlebih dari kelenjar sebaceous. Kelenjar sebaceous terletak di bawah permukaan kulit. Sebum sendiri merupakan zat berminyak yang terbuat dari lemak. Tidak semua sebuh bersifat negatif karena dapat membantu melindungi dan melembabkan kulit serta menjaga rambut tetap berkilau dan sehat.

Namun, terlalu banyak sebum dapat menyebabkan kulit berminyak, yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat. Peningkatan sebum dapat terjadi karena beberapa hal seperti genetika, perubahan hormon, bahkan stres.

Kulit berminyak dan berjerawat sulit untuk ditangani, akan tetapi terdapat beberapa resep rumahan yang dapat mengurangi gejala tersebut.

Cuci Muka

Seseorang dengan kulit berminyak harus rajin mencuci muka setiap hari. Mencuci muka yang dianjurkan adalah dua kali sehari, jangan berlebih. Hindari menggunakan sabun atau detergen yang keras karena akan  merusak kulit.

Gunakan Kertas Blotting

Kertas tipis dan kecil ini tidak akan mencegah kelenjar sebaceous untuk menghasilkan minyak berlebih, tetapi kertas ini dapat menghapus minyak berlebih dari wajah untuk membantu meminimalkan kulit mengkilap dan berminyak. Kertas blotting tidak mahal dan tersedia tanpa resep. Gunakan sesuai kebutuhan sepanjang hari.

Madu

madu (pxhere.com)

Madu merupakan salah satu solusi alami kulit yang paling dipuja berkat kemampuan antibakteri dan antiseptiknya yang dapat menguntungkan bagi pemilik kulit berminyak dan rawan jerawat. Madu juga merupakan humektan alami, sehingga membantu menjaga kulit tetap lembab tetapi tidak berminyak. Hal ini karena humektan menarik kelembapan dari kulit tanpa menggantinya.

Cara menggunakan madu untuk mengobati jerawat dan kulit berminyak cukup mudah, yakni oleskan madu pada wajah, biarkan mengering sekitar 10 menit kemudian bilas sampai bersih dengan air hangat.

Mask Clay

Mask Clay atau masker tanah liat digunakan untuk membantu menyerap minyak kulit dan mengobati banyak kondisi kulit. French green clay adalah perawatan populer untuk kulit berminyak dan berjerawat karena memiliki daya serap tinggi.

Perlu diingat, masker tanah liat yang dibilas dengan air jauh lebih lembut di kulit daripada masker yang dikupas.

Oatmeal

oatmeal (pxhere.com)

Oatmeal membantu mengurangi kulit yang meradang, menyerap minyak berlebih serta membantu pengelupasan kulit mati. Saat digunakan sebagi masker wajah, oatmeal biasanya ditumbuk dan  dikombinasikan dengan yogurt, madu, atau buah tumbuk seperti pisang, apel, atau pepaya. Cara membuat masker oatmeal:

  • Campurkan 1/2 cangkir gandum oat dengan air panas untuk membentuk pasta.
  • Aduk 1 sendok makan madu.
  • Pijat campuran oatmeal ke wajah selama sekitar tiga menit; bilas dengan air hangat, dan keringkan.

Putih Telur dan Lemon

Putih telur dan lemon adalah obat tradisional untuk kulit berminyak. Kedua bahan tersebut dianggap dapat mengencangkan pori-pori. Asam dalam lemon dan buah jeruk lainnya dapat membantu menyerap minyak. Menurut sebuah penelitian tahun 2008, lemon juga memiliki kemampuan antibakteri. Namun, campuran ini bukan pilihan yang baik untuk penderita alergi telur.

Cara membuat masker wajah putih telur dan lemon:

  • Campurkan 1 putih telur dengan 1 sendok teh jus lemon segar.
  • Oleskan ke wajah Anda, dan biarkan sampai masker mengering.
  • Angkat dengan air hangat, dan keringkan.

Kacang Almond

Kacang almond tidak hanya bekerja untuk pengelupasan kulit, tetapi juga membantu mengurangi kelebihan minyak dan kotoran. Untuk menggunakan scrub wajah almond:

  • Giling almond mentah hingga menjadi 3 sendok teh.
  • Tambahkan 2 sendok makan madu mentah.
  • Oleskan ke wajah dengan lembut, dalam gerakan memutar.
  • Bilas dengan air hangat kemudian keringkan

Lidah Buaya

lidah buaya (pxhere.com)

Lidah buaya dikenal untuk mendinginkan luka bakar dan kondisi kulit lainnya. Banyak orang menggunakan lidah buaya untuk merawat kulit berminyak.

Oleskan gel lidah buaya pada wajah tipis saja sebelum tidur dan biarkan sampai pagi. Lidah buaya diketahui menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif. Lakukan uji coba pada lengan terlebih dahulu. Apabila dalam waktu 24 atau 48 jam tidak ada reaksi, berarti aman untuk digunakan.

Tomat

Tomat mengandung asam salisilat, obat jerawat rumah yang umum. Asam dalam tomat dapat membantu menyerap minyak kulit berlebih dan membuka pori-pori. Masker tomat cukup mudah, Anda bisa menempelkan potongan tomat atau irisan tomat ke kulit wajah.

Minyak Jojoba

Diperkirakan bahwa jojoba meniru sebum pada kulit untuk “mengelabui” kelenjar sebaceous agar menghasilkan lebih sedikit sebum dan membantu menjaga kadar minyak seimbang.

Jangan menggunakan minyak jojoba terlalu banyak. Menggunakan terlalu banyak dapat memperburuk kulit berminyak. Cobalah memijat beberapa tetes ke kulit bersih beberapa hari dalam seminggu untuk melihat bagaimana hasil di kulit. Jika hasilnya memuaskan, maka lakukan setiap hari. (DL)

 

Healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *