Panduan Merawat Kulit

Ketahui Jenis Kulit

Apa jenis kulit yang Anda miliki, kulit kering, berminyak atau sensitif? Apakah Anda yakin dengan jenis kulit Anda? Mengetahui jenis kulit dapat membantu saat memilih kosmetik karena menggunakan produk yang salah dapat memperburuk jerawat, kulit kering atau masalah kulit lainnya.

Bangun Rutinitas Perawatan Kulit Harian

Apapun jenis kulit yang Anda miliki, rutinitas perawatan kulit sehari-hari dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan dan meningkatkan masalah spesifik seperti jerawat, jaringan parut, dan bintik-bintik gelap. Rutinitas perawatan kulit harian memiliki empat langkah dasar yang dapat dilakukan saat pagi hari dan sebelum tidur.

  1. Pilih pembersih yang tidak membuat kulit keras atau tegang setelah dicuci. Bersihkan wajah tidak lebih dari dua kali sehari, atau hanya sekali, jika memiliki kulit kering dan jangan memakai makeup.
  2. Serum dengan kandungan vitamin C atau faktor pertumbuhan cocok digunakan di pagi hari, sebelum menggunakan tabir surya. Di malam hari,lebih baik menggunakan retinol atau retinoid.
  3. Bahkan kulit berminyak membutuhkan pelembab, tetapi gunakan pelembab yang ringan, berbasis gel, dan tidak komedogenik, atau tidak menghalangi pori-pori. Kulit kering lebih cocok menggunakan pelembab berbahan dasar krim.
  4. Tabir surya. Oleskan tabir surya SPF 30, 15 menit sebelum keluar rumah, karena diperlukan waktu untuk mengaktifkan tabir surya. Warna kulit yang lebih gelap sebenarnya membutuhkan lebih banyak perlindungan dari sinar matahari karena hiperpigmentasi lebih sulit untuk diperbaiki.

face mask (vogue.com)

Mulailah dengan rutinitas dasar dan sederhana untuk melihat bagaimana reaksi kulit. Setelah merasa nyaman, dapat menambahkan produk lain seperti pengelupasan kulit, masker, dan perawatan wajah untuk meningkatkan kesehatan kulit. Jangan lupa menguji produk baru, terutama jika Anda mencurigai bahwa kulit Anda merupakan jenis kulit sensitif.

Cara untuk menguji produk baru:

  • Oleskan sedikit produk pada kulit di area yang tersembunyi, seperti bagian dalam pergelangan tangan Anda atau lengan bagian dalam.
  • Tunggu 48 jam untuk melihat apakah terjadi reaksi.
  • Periksa area pada 96 jam setelah aplikasi untuk melihat apakah ada reaksi yang tertunda.

Reaksi alergi dapat berupa iritasi, kemerahan, benjolan kecil, atau gatal. Apabila muncul gejala – gejala tersebut, cuci area yang diuji dengan air dan pembersih lembut. Jangan gunakan produk tersebut, cari produk lain.

Perawatan Sendiri yang Harus Dihindari

Banyak orang mengatakan bahwa mereka berhasil menggunakan sari lemon dan pasta gigi untuk mengatasi masalah kulit seperti bekas jerawat dan bintik – bintik hitam. Akan tetapi pada kenyataannya, cara tersebut dapat menyebabkan banyak kerugian dalam jangka panjang daripada menguntungkan karena cara tersebut dapat merusak penghalang kulit.

  • Sari lemon. Sari lemon memiliki kandungan asam sitrat, tetapi kandungan yang terlalu asam  dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam setelah paparan sinar matahari. Selain itu, sari lemon juga dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit.
  • Soda kue. Pada tingkat pH 8, soda kue akan membuat kulit stres sehingga secara signifikan mengurangi kadar air di kulit, dan menyebabkan kulit kering.
  • Bawang putih. Dalam bentuk mentah, bawang putih dapat menyebabkan alergi kulit, eksim, peradangan kulit, dan lepuh berair.
  • Pasta gigi. Bahan-bahan dalam pasta gigi bisa membunuh kuman dan menyerap minyak, tetapi mereka juga bisa mengeringkan atau mengiritasi kulit.
  • Sebagai salah satu pengelupas (scrub), gula terlalu keras untuk kulit wajah.
  • Vitamin E. Aplikasi vitamin E secara topikal dapat mengiritasi kulit dan tidak terbukti menghilangkan bekas luka. (DL)

 

Healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *