Olahraga yang Boleh Dilakukan di Malam Hari

Boleh gak sih olahraga di malam hari?

Tentu boleh.

Sebagian orang saat memiliki aktivitas segunung yang membuatnya sibuk bahkan sejak pagi hari. Kondisi tersebut membuat sebagai orang tidak sempat atau tidak menyempatkan diri olahraga di pagi hari. Padahal, seperti yang diketahui, bahwa olahraga rutin dan teratur merupakan salah satu syarat untuk memperoleh tubuh yang sehat dan bugar. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan waktu luang di malam hari untuk olahraga.

Tidak semua jenis olahraga boleh dilakukan di malam hari. Olahraga yang disarankan dilakukan di malam hari adalah olahraga ringan yang tidak membuat tubuh terlalu kelelahan. Tubuh yang terlalu lelah di malam hari akibat olahraga bisa menjadi pemicu sulit tidur. Olahgara malam juga sebaiknya dilakukan 3-4 jam sebelum waktu tidur. Olahraga malam juga sebaiknya tidak dilakukan oleh anak-anak karena justru bisa mengganggu kualitas istirahat mereka. Berikut ini diuraikan beberapa jenis olahraga yang bisa dipilih dilakukan di malam hari.

  • Yoga

Yoga merupakan olahraga yang aman dilakukan di malam hari. Yoga di malam hari dapat dilakukan di dalam ruangan. Yoga tersebut dapat membantu melancarkan aliran darah dan sistem pernapasan. Yoga juga bisa membantu merelaksasi pikiran sehingga membuat tidur malam menjadi berkualitas.

  • Senam Tai Chi

Senam tai chi merupakan gabungan antara seni dan olahraga kebugaran yang bermanfaat untuk melatih keseimbangan tubuh dan pikiran. Senam tai chi aman dilakukan di malam hari karena memiliki gerakan yang tidak terlalu berat. Tai chi bisa membantu melancarkan aliran darah ke otak dan merelaksasi tubuh sehingga tubuh dapat tidur dengan nyenyak.

  • Jalan Kaki

Jalan kaki juga bisa menjadi pilihan olahraga malam Anda. Jalan kaki jauh lebih aman jika dibandingkan dengan lari jika dilakukan di malam hari karena pada saat malam jarak pandang mata menjadi berkurang. Pilihlah jalur yang memiliki penerangan cukup jika ingin olahraga jalan di malam hari. Olahraga jalan kaki di malam hari dapat membantu melancarkan aliran darah, menjaga kekuatan otot, sekaligus bisa mengurangi penat sehingga pikiran menjadi lebih rileks.

  • Tinju

Apakah Anda termasuk penggemar olahraga tinju? Pernahkah Anda menonton pertandingan tinju yang sering dilakukan di malam hari? Iinju memang tergolong olahraga yang memerlukan banyak tenaga, tetapi tetap aman jika ingin dilakukan di malam hari. tinju adalah gabungan antara latihan kardio dan kekuatan otot. Jika Anda masih pemula, disarankan untuk ditemani instruktur saat melakukan tinjut.

Jika ingin melakukan olahraga di malam hari, pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelah olahraga. Aktivitas tersebut bertujuan untuk mengendorkan otot, menyetabilkan detak jantung dan aliran darah, serta membuat tubuh rileks sehingga bisa tidur dengan nyenyak dan bangun dalam keadaan bugar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *