Nutrisi Bagi Tubuh: Vitamin (5)

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai dua kelompok vitamin, vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K, serta vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C. Vitamin selanjutnya yang akan kita bahas adalah vitamin B kompleks yang termasuk ke dalam golongan vitamin yang larut dalam air.

Baca juga: Nutrisi Bagi Tubuh: Vitamin (1)

Vitamin B

Vitamin B merupakan vitamin yang terdiri dari beberapa golongan vitamin yang peranannya adalah membantu suatu proses metabolisme tubuh seperti pelepasan energi tubuh ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Berikut ini merupakan beberapa kategori vitamin yang termasuk dalam vitamin B:

Vitamin B1

Nama lain dari vitamin B1 ialah tiamin hidroklorida. Vitamin B1 ikut andil dalam metabolisme tubuh, yakni berperan dalam upaya menjaga kesehatan pada kulit, membantu proses pembakaran pada karbohidrat, serta membantu proses metabolisme lain pada lemak dan juga protein. Setiap harinya, dibutuhkan vitamin B1 sebesar 1 mg untuk pria dan sebanyak 0,8 mg untuk wanita. Untuk kebutuhan vitamin B1 tersebut, Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B1 seperti telur, susu, roti dari biji-bijian utuh, daging sapi, kacang polong serta buah-buahan.

Vitamin B2

Vitamin B2 sering juga disebut dengan nama riboflavin. Vitamin B2 mempunyai peranan penting dalam metabolisme tubuh. Peranan tersebut  ialah sebagai komponen seperti koenzim flavin mononukleotida dan juga flavin adenine dinukleotida. Kedua enzim tersebut berperan penting dalam proses metabolisme, yakni:

  • Membantu proses regenerasi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Membantu proses oksidasi yang terjadi pada asam lemak.
  • Berperan membantu dalam proses pembentukan sel darah merah
  • Menyokong terjadinya proses pertumbuhan dari berbagai bagian organ tubuh meliputi bagian kulit, bagian rambut, dan juga bagian kuku.
  • Membantu mencerna karbohidrat, protein dan lemak yang terkandung dalam makanan.
pxhere.com

Kebutuhan akan vitamin B2 setiap harinya pada pria dan wanita berbeda. Pada pria berkisar sekitar 1,3 mg sedangkan pada wanita sekitar 1,1 mg. Kebutuhan tersebut dapat tercukupi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B2 seperti ikan, telur, sayur dan nasi.

Vitamin B3

Vitamin B3 memiliki nama lain yakni niasin. Vitamin B3 sendiri memiliki fungsi dalam proses metabolisme lemak, karbohidrat dan lemak hingga menghasilkan energi. Selain fungsi tersebut, vitamin B3 juga berperan dalam menstabilkan kadar gula dalam darah, penyembuhan migrain, menstabilkan tekanan darah, serta menetralisir racun. Kebutuhan vitamin B3 setiap harinya sekitar 17 mg untuk pria dan 13 mg untuk wanita. Makanan yang merupakan sumber B3 adalah ayam, salmon, dan tuna. Sementara vegetarian bisa mendapatkan asupan vitamin B3 dari pasta gandum dan biji-bijian

Vitamin B5

nasi merah (pxhere.com)

Vitamin B5 juga dikenal dengan sebutan asam pantotenat yang memiliki manfaat untuk membantu pertumbuhan, digunakan sebagai neurotransmiter yang terdapat antara sistem saraf dan juga otak, serta dapat membantu proses terjadinya produksi suatu senyawa asam lemak dan juga hormon pada tubuh. Vitamin B5 dapat ditemukan pada makanan seperti kentang, tomat, daging sapi, telur, daging ayam, nasi merah dan brokoli.

Vitamin B6

Nama lain dari vitamin B6 ialah pyridoxine yang membentuk hemoglobin yang mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Vitamin B6 juga memiliki peran dalam memproduksi energi yang berasal dari protein dan karbohidrat. Kebutuhan akan vitamin B6 ini perharinya  sekitar 1,2 mg untuk wanita dan 1,4 mg untuk pria. Sumber makanan yang mengandung B6 antara lain kacang, susu, kentang, ikan, daging ayam dan pisang.

Vitamin B7

Vitamin B7 juga sering disebut sebagai biotin. Vitamin ini memiliki kemampuan untuk melancarkan metabolisme energi dalam tubuh manusia, membantu menurunkan berat badan, membantu untuk merawat rambut dan juga perawatan kuku, selain itu juga bisa menjaga kadar gula yang berada di dalam darah. Makanan yang mengandung vitamin B7 antara lain pisang, salmon, wortel, sereal, hati dan kembang kol.

Vitamin B9

Vitamin B9 sering dikenal dengan sebutan asam folat. Vitamin ini bermanaat untuk pembentukan sel darah merah, perkembangan bayi, perbaikan DNA, mengoptimalkan fungsi otak, membentuk jaringan tubuh, dan membantu pertumbuhan rambut. Sumber dari vitamin B9 dapat ditemukan pada brokoli, kacang polong, asparagus, bayam dan sereal.

Vitamin B12

Vitamin B12 atau kobalamin hanya dihasilkan oleh hewan. Vitamin ini berperan dalam produksi sel darah merah, memproses vitamin B9, mengubah makanan menjadi energi serta menjaga sistem saraf tubuh agar tetap sehat. Kebutuhan vitamin B12 pada orang dewasa sekitar 1,5 mcg per hari.

Baca juga: Nutrisi Bagi Tubuh: Vitamin (4)

source: alodokter.com, dosenbiologi.com, merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *