Bebaskan Rumah dari Kecoa

Kecoa yang berkeliaran di rumah kadang dapat membuat geli dan bisa menimbulkan kesan rumah yang kotor. Kecoa yang berkeliaran di rumah juga dapat merusak lapisan dinding, dapat mengotori makanan, bahkan bisa menyebarkan kuman di lantai atau lingkungan rumah Anda. Oleh karena itu, segera basmi kecoa dalam rumah supaya rumah menjadi bersih dan nyaman untuk ditinggali.

Kecoa bisa masuk bahkan tinggal di rumah disebabkan oleh lingkungan sekitar yang tidak bersih. Kecoa juga bisa masuk ke dalam rumah melalui pipa saluran pembuangan air, maka dari itu seringkali di temukan kecoa berkeliaran di kamar mandi. Makanan yang diletakkan tanpa tutup juga bisa menjadi pemicu masuknya kecoa ke dalam rumah. Kecoa yang sudah terlanjur masuk ke dalam rumah biasa sulit diusir keluar dan bisa berkembang biak dengan cepat. Kecoa yang berlalu lalang di rumah tentu dapat mencemari kebersihan rumah dan kemungkinan dapat meninggalkan bakter. Oleh karena itu, diperlukan cara-cara khusus untuk mengusir atau bahkan mencegah masuknya kecoa ke dalam rumah.

Berikut ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengusir atau mencegah kecoa supaya tidak berkeliaran di dalam rumah. Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengusir kecoa dengan cepat dari rumah.

  • Bersihkan Lantai dengan Rutin

Cara paling sederhana yang bisa mencegah atau mengusir kecoa dari dalam rumah adalah dengan membersihkan lantai secara rutin. Remahan atau sisa-sisa makanan yang berserakan di lantai bisa menjadi pemicu datangnya kecoa. Saat Anda mengepel pastikan tidak berlebihan menggunakan air karena air tersebut bisa mengalir ke tempat bersarangnya kecoa dan justru bisa diminum kecoa untuk bertahan hidup. Gunakan cairan khusus untuk mengepel lantai supaya bisa menghasilkan kebersihan lantai yang maksimal. Selain lantai, pastikan Anda juga membersihkan bagian lain dalam rumah, seperti dapur, kamar mandi, dan kamar tidur, supaya tidak kotor dan berantakan. Rumah yang bau, kotor, dan berantakan bisa menjadi pemicu masuknya kecoa.

  • Buang Sampah secata Teratur

Sampah yang menumpuk bisa menjadi sumber bakteri sekaligus bisa menjadi tempat bersarangnya kecoa. Oleh karena itu, buanglah sampah secara teratur dan cuci tempat sampah sampai bersih lalu keringkan. Usahakan untuk menutup tempat sampah dengan rapat supaya kecoa tidak bisa masuk ke dalamnya.

  • Gunakan Obat Pengusir Kecoa

Obat yang bisa mengusir atau membasmi kecoa adalah obat yang mengandung insektisida. Pada dasarnya, kecoa adalah serangga yang tahan terhadap pestisida sehingga Anda perlu memilih pestisida yang benar-benar ampuh membasmi kecoa. Pilih obat pembasmi yang mengandung siflutrin sebagai bahan aktif. Kemudian, semprotkan larutan obat tersebut ke sarang kecoa atau tempat-tempat yang mungkin dihuni kecoa. Jauhkan obat pengusir kecoa dari jangkauan anak-anak karena obat tersebut berbahaya jika tertelan manusia. Usahakan untuk cuci tangan dengan bersih setelah menggunakan obat tersebut untuk menyemprot kecoa.

  • Buat Obat Pengusir Kecoa dari Bahan Alami
Daun Salam

Daun salam dapat dimanfaatkan untuk membantu mengusir kecoa dari dalam rumah. Letakkan seikat daun salam di dekat lubang atau retakan tempat kecoa bersarang atau tempat-tempat yang mungkin dilalui kecoa. Seikat daun salam tersebut juga bisa diletakkan di rak buku karena kecoa biasanya juga bersarang di antara buku-buku.

Lemon

Lemon juga bisa digunakan untuk membasmi kecoa karena mengandung senyawa antipathogenic yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri. Bau lemon juga tidak disukai kecoa sehingga bisa mencegah masuknya kecoa ke dalam rumah. Peras lemon kemudian campurkan pada air untuk mengepel lantai. Larutan lemon tersebut dapat membantu membunuh bakteri yang menempel di lantai dan mengusir kecoa dari rumah.

Lada

Lada juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir kecoa. Campurkan lada dengan bawang putih dan bawang Bombay kemudian haluskan dan tambahkan 1 liter air. Larutan tersebut dapat dicampurkan pada air untuk mengepel lantai atau disemprotkan langsung ke bagian-bagian rumah yang dihuni kecoa. Bau dari larutan tersebut tidak disukai kecoa sehingga bisa membuat kecoa keluar dari rumah. Jika kurang ampuh, tambahkan sabun pada larutan tersebut untuk membantu membasmi kecoa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *