Membangun Harga Diri Sebagai Kunci Kebahagiaan

Harga diri adalah kekuatan pendorong di belakang kepercayaan diri kita. Bagaimana kita melihat dan merasakan tentang diri kita sendiri yang mencakup rasa nilai, signifikansi, dan harga diri kita.

Penelitian

Penelitian telah menunjukkan bahwa lebih dari 80% orang berjuang dengan berbagai tingkat harga diri yang rendah.

Namun, memiliki rasa percaya diri yang kuat dapat menjadi peluang untuk memberikan dampak positif dan mengubah setiap bidang kehidupan Anda dengan kuat.

Hal ini mempengaruhi hubungan sosial hingga karier, dari kesehatan dan kesejahteraan, hingga pemenuhan dan tingkat kesuksesan.

Apa itu harga diri

Sementara kamus mendefinisikan harga diri sebagai “kepercayaan pada nilai atau kemampuan seseorang”, sederhananya, harga diri adalah perasaan atau perasaan keseluruhan yang Anda miliki tentang harga diri Anda sendiri.

Sebaliknya, kepercayaan diri lebih pada perasaan tentang kemampuan Anda dan akan berbeda dari satu situasi ke situasi lain.

Harga diri dan kepercayaan diri

Anda dapat memiliki harga diri yang tinggi (merasa senang tentang diri Anda secara keseluruhan) tetapi kepercayaan diri yang rendah tentang situasi atau peristiwa tertentu. Hal ini juga mungkin ketika Anda memiliki kepercayaan diri yang besar di suatu masalah tetapi secara keseluruhan harga diri rendah.

Mempunyai rasa harga diri yang kuat dan solid berasal dari lubuk hati. Dari kepercayaan pada pentingnya Anda, nilai Anda dan kelayakan Anda.

Dari mana harga diri rendah berasal

Harga diri rendah dapat berasal dari banyak hal yang meliputi:

  • Masa kecil yang tidak bahagia. Mereka yang tumbuh dengan orang tua yang kritis, kasar, atau lalai lebih mungkin menghadapi tantangan dengan harga diri mereka sendiri. Sementara mereka yang mengalami penerimaan, persetujuan, dan kasih sayang lebih cenderung memiliki rasa harga diri yang lebih tinggi.
  • Pengalaman traumatis. Tingkat harga diri yang lebih rendah juga dapat berasal dari pengalaman buruk atau peristiwa traumatis. Hal ini dapat berasal dari apa pun yang memunculkan perasaan malu, bersalah atau kurang berharga.
  • Pengalaman kegagalan. Bagi sebagian orang, harga diri yang lebih rendah terkait dengan keberhasilan dan pencapaian mereka atau kekurangannya. Hal ini dpt termasuk pengalaman kegagalan, tidak mencapai tujuan atau harapan.
  • Pembicaraan negatif diri sendiri. Banyak ‘kasus’ harga diri rendah karena hal ini. Masalah ini bisa berupa kisah yang telah Anda ciptakan sendiri atau bahwa orang lain telah menciptakan Anda sejak lama yang terus Anda percayai.

Cara membangun harga diri

Dapatkan ke akar penyebab masalah sebenarnya

Mengidentifikasi penyebab utama, penyebab rendahnya harga diri adalah salah satu hal paling penting yang dapat Anda lakukan untuk membangunnya kembali.

Lihat dirimu sendiri bagaimana orang lain melihatmu

Lihat diri Anda sendiri bagaimana orang lain melihat Anda. Selain itu bicaralah pada diri Anda sendiri seperti orang lain berbicara kepada Anda. Siapa yang saya maksud dengan ini? Pikirkan tentang orang yang paling mencintai Anda di dunia ini tanpa syarat.

Lakukan yang terbaik

Nasihat sederhana seringkali merupakan saran terbaik. Ketika Anda melakukan yang terbaik dan berusaha penuh setiap harinya, Anda mulai merasa lebih baik tentang diri Anda.

Terlibat dalam kegiatan yang memuaskan

Kata kunci mereka di sini adalah memuaskan. Temukan hal-hal yang memberi Anda rasa kepuasan yang mendalam, perasaan senang dan tujuan.

Identifikasi siapa ANDA dan jujur kepada Anda

Kesadaran diri dan pencarian jiwa sangat penting untuk kesuksesan Anda dalam hidup dan harga diri. Dalam beberapa kasus, kurangnya harga diri berasal dari kurangnya mengetahui siapa Anda sebenarnya, dan nilai yang Anda punya.

Terima dirimu

Buat keputusan untuk menerima diri yang tidak sempurna. Ketahuilah bahwa terlepas dari apa yang telah Anda katakan, apa yang telah terjadi, kesalahan apa yang telah Anda lakukan atau tantangan apa yang Anda hadapi, Anda sudah cukup berusaha. Anda melakukan yang terbaik yang Anda bisa dengan apa yang dimiliki.

Berhenti mengorbankan diri Anda

Ketika Anda membiarkan orang lain mendorong Anda untuk menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan Anda, atau mengalah pada apa yang orang lain inginkan karena Anda tidak ingin membuat kecewa, hal itu dapat menurunkan harga diri Anda.

Cari yang sesuatu yang baik

Kita cenderung menemukan apa yang kita cari. Sederhananya, orang cenderung (seringkali secara tidak sadar) mencari hal-hal yang memperkuat apa yang mereka yakini benar.

Source: lifehack.org

Baca juga:

Rahasia Kebahagiaan: Rutinitas Untuk Memulai Hari

Kebiasaan Sehat yang Membawa Kebahagiaan

Olahraga Untuk Kesehatan Mental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *