Manfaat Minyak Hati Ikan Cod (2)

Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, mempengaruhi lebih dari 17,5 juta orang setiap tahun.

Studi telah menunjukkan orang yang secara teratur makan ikan memiliki risiko penyakit jantung yang jauh lebih rendah. Efek ini dapat dikaitkan dengan kandungan asam lemak omega-3.

Manfaat omega 3 bagi jantung

Omega-3 telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi jantung, seperti mengurangi trigliserida, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol HDL dan mencegah pembentukan plak.

Sementara mengonsumsi suplemen minyak ikan seperti minyak ikan cod dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, ada sedikit bukti yang dapat mencegah penyakit jantung atau stroke.

Dapat Mengurangi Gejala Kecemasan dan Depresi

ikan cod (pxhere.com)

Kecemasan dan depresi adalah penyakit umum yang secara bersama-sama mempengaruhi lebih dari 615 juta orang di seluruh dunia.

Menariknya, penelitian menunjukkan mungkin ada hubungan antara peradangan kronis dan kecemasan dan depresi.

Hubungan omega 3 dan depresi

Banyak penelitian telah menemukan bahwa asam lemak omega-3 dalam minyak ikan cod dapat menurunkan peradangan dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Selain itu, banyak penelitian juga menemukan hubungan antara peningkatan kadar vitamin D dalam darah dan pengurangan gejala depresi.

Bagaimana mengurangi gejala depresi masih belum jelas, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dapat mengikat reseptor di otak dan merangsang pelepasan hormon yang memperbaiki suasana hati seperti serotonin.

Membantu Menyembuhkan Bisul Perut dan Usus

Bisul adalah benjolan kecil di lapisan perut atau usus. Mereka dapat menyebabkan gejala mual, sakit perut bagian atas dan ketidaknyamanan.

Benjolan tersebut sering disebabkan oleh infeksi bakteri, merokok, penggunaan obat antiinflamasi yang berlebihan atau terlalu banyak asam dalam lambung.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa minyak hati ikan cod dapat membantu mengobati bisul, terutama di perut dan usus.

Dalam satu penelitian pada hewan, para peneliti menemukan bahwa minyak hati ikan cod dosis rendah dan tinggi membantu menyembuhkan borok di perut dan usus.

Sementara penggunaan minyak hati ikan kod untuk membantu menyembuhkan borok tampaknya menjanjikan, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk membuat rekomendasi yang jelas.

Mudah Ditambahkan ke dalam Diet

Minyak hati ikan cod sangat mudah ditambahkan ke dalam diet. Tidak ada pedoman yang ditetapkan untuk asupan minyak ikan cod, sehingga sebagian besar rekomendasi didasarkan pada tingkat asupan asam lemak omega-3 yang aman, vitamin A dan D.

Dosis umum biasanya 1-2 sendok teh, tetapi memakan satu sendok makan per hari biasanya aman. Dosis yang lebih tinggi tidak dianjurkan, karena akan menghasilkan asupan vitamin A yang berlebih

Meskipun minyak ikan cod sangat sehat, beberapa orang perlu berhati-hati tentang asupan mereka karena minyak hati ikan cod dapat bertindak sebagai pengencer darah.

Kesimpulan

Minyak hati ikan cod adalah jenis suplemen minyak ikan yang sangat bergizi karena mengandung kombinasi asam lemak omega-3, vitamin A dan vitamin D.

Minyak hati ikan cod dapat memberi manfaat kesehatan seperti tulang yang lebih kuat, mengurangi peradangan dan mengurangi nyeri sendi bagi mereka yang menderita artritis reumatoid.

Jika Anda ingin mencoba suplemen, dosis umum adalah 1-2 sendok teh minyak hati ikan kod cair per hari. Anda juga dapat mencoba bentuk kapsul.

Jika Anda kesulitan dengan rasa amis ikan, cobalah mengonsumsinya dengan perut kosong sebelum makan pertama atau dengan beberapa teguk air.

Source: Healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *