Jangan Sampai Bangun Kesiangan: Ini Manfaatnya

Bangun pagi terkadang sulit dilakukan bagi sebagai orang yang mengalami kelelahan, baik kelelahan akibat bekerja atau belajar, atau bagi mereka yang mengalami stres. Orang yang mengalami kelelahan yang berlebihan umumnya akan sulit bangun pagi karena tubuh masih merasa ngantuk, pegal, dan lemas. Akan tetapi, bangun pagi ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Bangun pagi yang dimaksudkan adalah bangun antara pukul 04.30-06.00 pagi. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat dirasakan karena rajin bangun pagi.

  • Menghirup Udara Bersih

Pada pagi hari, udara yang terhirup lebih bersih dan segar karena belum terkena polusi. Udara pagi menjadi lebih sehat dan segar karena pada pagi hari tumbuhan mengeluarkan oksigen yang belum terkontaminasi polusi. Selain itu, pada pagi hari, matahari akan memancarkan sinar yang mengandung vitamin D dan tidak mengandung ultraviolet. Vitamin D berfungsi untuk menyehatkan dan memperkuat tulang, sedangkan sinar matahari yang bebas ultraviolet bisa membuat kulit menjadi lebih cantik dan sehat. Oleh karena itu, disarankan untuk keluar rumah atau olahraga pagi supaya tubuh menerima pancaran sinar matahari tersebut. Dengan rajin bangun pagi, maka tubuh akan bisa menghirup udara bersih dan terkena pancaran sinar matahari yang bisa membuat tubuh semakin sehat dan bugar.

  • Menyehatkan Paru-Paru

Udara bersih dan segar yang terbiasa dihirup pada pagi hari bisa membantu membuat paru-paru lebih sehat. Oksigen yang belum terkontaminasi akan dihirup tubuh dan masuk ke paru-paru. Pada pagi hari udara juga masih mengandung zat ozon yang baik untuk paru-paru. Kesehatan paru-paru sangat penting karena berfungsi untuk memberikan asupan oksigen ke jantung yang nantinya akan dialirka oleh darah ke seluruh anggota tubuh. Oleh karena itu, jangan sampai bangun kesiangan supaya Anda bisa menghirup udara yang bisa menyehatkan paru-paru.

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Bangun pagi bisa meningkatkan fungsi kerja otak karena otak mendapatkan aliran oksigen yang segar dari paru-paru. Orang yang terbiasa bangun pagi juga memiliki waktu luang lebih untuk sarapan. Sarapan dengan menu yang sehat dan tepat di pagi dapat memberi asupan nutrisi yang dibutuhkan otak. Seperti yang telah banyak diketahui bahwa otak mempunyai fungsi vital karena otaklah yang mengontrol segala pergerakan tubuh. Otak yang berfungsi maksimal bisa meningkatkan konsentrasi dan ingatan serta bisa membuat tubuh beraktivitas lebih produktif.

  • Menghindari Stres

Orang yang bangun pagi cenderung akan memiliki suasana hati dan mental yang lebih bahagia. Suasana hati dan pikiran yang bahagia tersebut bisa mencegah munculnya stres. Orang yang terbiasa bangun pagi umumnya juga memiliki waktu lebih untuk menyiapkan segala kebutuhan, baik untuk kerja ataupun sekolah, sehingga aktivitas mereka bisa terorganisir dengan baik. Aktivitas yang terorganisir dengan baik tersebut memungkinkan seseorang untuk bisa memenuhi kebutuhan atau keinginan serta meraih kesuksesan. Keberhasilan dan keterorganisiran tersebut bisa mencegah seseorang mengalami stres.

Ternyata bangun pagi memiliki manfaatkan penting untuk kesehatan dan kecantikan. Oleh karena itu, atur waktu dengan baik supaya Anda tidak bangun kesiangan. Sebagian masyarakat juga percaya kalau bangun pagi bisa melancarkan rezeki. Maka dari itu, rajinlah bangun pagi dan rasakan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *