Baiknya Mandi Berapa Kali dalam Sehari?

Mandi merupakan kegiatan membersihkan tubuh dari kuman dan kotoran yang dilakukan setiap hari. Apa akibatnya jika malas mandi? Mandi dapat membuat tubuh bersih dari kotoran setelah beraktivitas sepanjang hari. Jika kotoran yang menempel pada badan dibiarkan, maka kelamaan akan menjadi sarang bakteri dan virus yang bisa mengganggu kesehatan dan menyebabkan muncul penyakit, misalnya gatal-gatal, iritasi kulit, atau bahkan penyakit serius. Malas mandi juga dapat menyebabkan munculnya bau badan yang mengganggu sehingga mengurangi kepercayaan diri. Jarang mandi juga dapat menurunkan konsentrasi otak karena tubuh Anda menjadi lepek dan tidak segar sehingga aktivitas keseharian Anda juga dapat terganggu. Oleh karena itu, sangat penting untuk mandi setiap hari secara teratur untuk menjaga kebersihan, kesehatan, dan memperlancar aktivitas.

Lalu, dalam sehari sebaiknya mandi berapa kali? Dan apa manfaatnya?

 

Dalam sehari idealnya mandi 2 sampai 3 kali selama 10-20 menit, bergantung dari banyaknya aktivitas yang dilakukan. Mandi disarankan dilakukan pada pagi hari setelah bangun tidur dan sore hari setelah selesai beraktivitas. Mandi dilakukan dengan membasuhkan dan membilaskan air bersih ke seluruh bagian tubuh. Gunakan juga sabun dan sampo untuk membantu menghilangkan kuman dan bakteri yang mungkin menempel di tubuh dan rambut setelah seharian beraktivitas. Selain itu, sabun mandi juga berfungsi untuk menimbulkan bau harum di tubuh. Pilihlah sabun kesehatan yang mampu menghilangkan kuman dan bakteri, tetapi tidak merusak kondisi kulit. Setelah mandi, keringkan tubuh menggunakan handuk bersih agar kelembapan kulit tetap terjaga. Pastikan juga Anda menggosok gigi secara rutin untuk turut menjaga kesehatan tubuh.

Selain untuk membersihkan badan, mandi juga mempunyai manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Mandi dapat mengeluarkan racun yang bersarang di tubuh Anda. Mandi dengan air hangat bersuhu sekitar 32-35 derajat celcius dapat membantu membuka pori-pori kulit kemudian mengeluarkan racun dari tubuh. Mandi air hangat juga dapat menyembuhkan sakit otot dan membantu menurunkan gula darah. Selain mandi air hangat, mandi air dingin juga dapat membantu menurunkan tingkat stres dan membuat pikiran lebih rileks sehingga Anda dapat beraktivitas dan beristihat dengan kualitas baik. Mandi dengan air bersuhu sekitar 12-18 derajat celcius dapat membantu meredakan ketegangan sehingga tingkat stres dapat berkurang. Jadi, selain untuk menjaga kesehatan, mandi juga berfungsi untuk mencegah datangnya penyakit.

Manfaat mandi tidak hanya seperti yang disebutkan di atas. Mandi juga dapat membuat Anda terlihat awet muda karena dapat menjaga wajah dari kerutan dan mencegah penuaan dini. Mandi juga membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga Anda dapat terhindar dari penyumbatan aliran darah. Selain itu, mandiĀ  juga dapat meningkatkan daya konsentrasi karena mandi dapat membuat tubuh menjadi rileks dan terhindar dari berbagai macam tekanan yang bisa membuat stress sehingga otak dapat bekerja dengan baik. Begitu banyak manfaat positif dari mandi. Maka dari itu, Anda jangan malas mandi demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *