Makanan Terbaik untuk Mendapatkan Kulit Sehat (2)

Tubuh memerlukan berbagai macam nutrisi untuk metabolisme dan menjaga semua organ agar berfungsi secara maksimal, termasuk kulit.  Pada artikel Makanan Terbaik untuk Mendapatkan Kulit Sehat (1), kita sudah membahas enam makanan yang baik untuk mengdapatkan kulit sehat. Enam jenis makanan tersebut meliputi fatty fish, alpukat, walnuts, biji bunga matahari, ubi dan paprika merah atau kuning. Selain keenam makanan tersebut, masih ada makanan lain yang baik untuk kulit. Berikut ini adalah makanan yang perlu dikonsumsi untuk mendapatkan kulit sehat.

Brokoli

Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit, yakni zinc, vitamin a dan vitamin C. Selain itu, brokoli juga mengandung lutein, karotenoid yang bekerja seperti beta karoten. Lutein berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut.

Brokoli juga mengandung senyawa khusus yang disebut sulforaphane, yang mempunyai beberapa manfaat yang cukup hebat yakni:

  • Kandungan sulforaphane pada brokoli memiliki efek anti kanker, termasuk pada beberapa jenis kanker kulit.
  • Sulforaphane juga dapat berfungsi sebagai pelindung kerusakan kulit dari sinar matahari dengan menetralkan efek radikal bebas yang dapat berbahaya dan menyalakan sistem perlindungan lain di tubuh.
  • Sulforaphane dapat menurunkan jumlah sel kulit yang mati karena cahaya UV.
  • Sulforaphane dapat menjaga level kolagen yang ada di dalam kulit.

Tomat

Tomat merupakan sumber vitamin C dan karotenid yang tinggi, termasuk likopen. Likopen, beta karoten dan lutein dapat melindungi kulit terhadap bahaya sinar matahari dan juga membantu mencegah kerutan.

Tomat mengandung semua kartenoid utama yang dapat membuat kulit sehat. Untuk hasil yang lebih maksimal, pasangkan tomat dengan dengan beberapa makanan sumber lemak, seperti keju atau minyak zaitun, karena lemak dapat meningkatkan penyerapan kartenoid.

Kedelai

Kedelai mengandung isoflavone, suatu kategori senyawa tanaman yang dapat meniru atau memblokir estrogen dalam tubuh. Isoflavon dapat berguna bagi beberapa bagian tubuh, termasuk kulit.

olahan kedelai (pxhere.com)

Isoflavon memiliki berbagai manfaat untuk kulit, anatar

  • Isoflavon dapat mengurangi kerutan halus dan meningkatkan elastisitas kulit.
  • Pada wanita yang sudah mengalami menopause, kedelai dapat meningkatkan kekeringan kulit dan meningkatkan kolagen, yang membantu menjaga kulit halus dan kuat.
  • Isoflavon dapat menjaga kulit dari radiasi sinar UV yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Dark Chocolate atau Coklat Murni

Perlu alasan lain untuk mengonsumsi coklat? Cocoa memiliki efek yang bagus untuk kulit. Beberapa efek cocoa, antara lain:

  • Cocoa mengandung antioksidan yang tinggi yang membuat kulit lebih tebal dan lebih terhidrasi.
  • Kulit juga akan terasa lebih halus, tidak mudah terbakar sinar matahari dan membuat aliran darah membawa nutrisi lebih banyak ke kulit.
  • Antioksidan pada coklat murni yang dikonsumsi setiap hari dapat membuat kulit tahan terhadap radiasi UV dua kali lebih banyak.

Teh Hijau

Teh hijau dapat melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan. Di dalam teh hijau, terdapat senyawa katekin yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan beberapa cara. Sama seperti makanan lain yang mengandung antioksidan, teh hijau juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat pengaruh sinar matahari. Meminum teh hijau dapat mengurangi mengurangi kemerahan dari paparan sinar matahari hingga 25%. Selain itu, teh hijau juga dapat meningkatkan kelembaban, kekasaran, ketebalan, dan elastisitas kulit. Perlu diingat, walaupun teh hijau adalah pilihan tepat untuk mendapatkan kulit sehat, akan tetapi meminumnya dengan susu dapat menurunkan efek antioksidan pada teh hijau. (DL)

Healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *