Makanan Terbaik untuk Mendapatkan Kulit Sehat (1)

Nutrisi merupakan salah satu hal yang penting bagi kesehatan. Apabila nutrisi tidak terpenuhi, tentunya akan memunculkan beberapa masalah kesehatan. Masalah kesehatan tersebut dapat berupa masalah metabolisme, kenaikan berat badan dan terkadang dapat membuat risiko penyakit seperti penyakit jantung dan hati. Tapi apakah Anda juga mengetahui bahwa kurangnya nutrisi bagi tubuh juga dapat mempengaruhi kondisi kulit?

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai makanan yang dapat menjaga kulit tetap sehat.

Fatty Fish atau ikan yang berdaging tebal

pxhere.com

Yang termasuk ke dalam fatty fish seperti salmon, makarel dan tuna. Jenis makanan tersebut baik untuk kulit karena kaya akan asam lemak omega 3 yang penting untuk mempertahankan kesehatan kulit. Beberapa manfaat fatty fish:

  • Asam lemak omega 3 dapat membuat kulit tebal, kenyal dan lembab. Kekurangan omega 3 dapat menyebabkan kulit kering.
  • Omega 3 juga dapat mengurangi inflamasi yang menyebabkan jerawat dan kulit kemerahan.
  • Beberapa penelitian menyebutkan bahwa suplemen minyak ikan dapat memerangi peradangan dan autoimun yang mempengaruhi kulit, seperti psoriasis dan lupus.
  • Fatty fish juga merupakan sumber vitamin E. Vitamin E sendiri merupakan antioksidan terpenting untuk kulit yang melindungi kulit dari radikal bebas dan inflamasi.
  • Jenis ikan ini juga merupakan sumber protein yang tinggi. Hal tersebut dibutuhkan untuk mempertahankan kekuatan dan keutuhan kulit.
  • Ikan mengandung zinc, mineral penting untuk untuk mengatur inflamasi, produksi sel-sel kulit baru dan kesehatan kulit secara keseluruhan. Kekurangan zinc dapat menyebabkan kulit kesulitan dalam penyembuhan luka.

Alpukat

pxhere.com

Beberapa alasan kenapa alpukat baik untuk kulit:

  • Alpukat mengandung lemak sehat yang tinggi. Lemak ini berfungsi untuk membuat kulit elastis dan lembab.
  • Alpukat mengandung komponen yang melindungi kulit dari sinar UV yang menyebabkan kerutan dan tanda – tanda penuaan pada kulit.
  • Alpukat merupakan sumber vitamin E yang merupakan antioksidan.
  • Alpukat mengandung vitamin C. Kulit membutuhkan vitamin C tersebut untuk membuat kolagen, yang merupakan protein struktural utama yang membuat kulit kuat dan sehat.

Walnuts (Kenari)

Walnuts mempunyai banyak karakteristik yang membuatnya menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan kulit sehat.

kenari (pxhere.com)
  • Walnuts merupakan sumber asam lemak essensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh.
  • Walnuts mengandung lebih banyak asam lemak omega 3 dan omega 6 dibandingkan dengan kacang.
  • Walnuts mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan oleh kulit agar berfungsi dengan baik dan tetap sehat.
  • Walnuts mengandung zinc yang dapat menjaga kelembaban kulit.
  • Walnuts mengandung sedikit kandungan vitamin E, vitamin C dan selenium.

Biji Bunga Matahari

biji bunga matahari (pxhere,com)

Pada umumnya, kacang dan biji merupakan sumber nutrisi yang baik untuk meningkatkan kondisi kulit. Biji bunga matahari mengandung vitamin E, selenium, zinc dan protein.

Ubi

ubi (pxhere.com)

Beta karoten merupakan nutrisi yang ditemukan pada tanaman. Nutrisi ini merupakan provitamin A, yang dapat berubah menjadi vitamin ketika masuk ke dalam tubuh. Ubi panggang mengandung cukup beta-karoten untuk menyediakan hampir empat kali RDI vitamin A. Karotenoid berfungsi sebagai tabir surya alami untuk melindungi kulit dari sinar UV. Perlu diketahui, bahwa asupan beta karoten yang berlebih dapat menyebabkan kulit berubah menjadi kuning atau oranye.

Paprika Merah atau Kuning 

Sama seperti ubi, paprika juga merupakan sumber beta karoten yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Paprika mengandung vitamin C yang dapat mengurangi risiko keriput dan kulit kering seiring bertambahnya usia. (DL)

Healthline.com

 

One Reply to “Makanan Terbaik untuk Mendapatkan Kulit Sehat (1)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *