Makanan Tepat Setelah Olahraga

Saat berolahraga tubuh akan memanfaatkan nutrisi yang tersimpan dalam tubuh untuk memberi tekanan pada otot-otot, sendi, dan tulang. Maka dari itu, setelah olahraga diperlukan asupan makanan untuk “isi ulang dan pemulihan tubuh. Pilihan menu dan cara makan yang tepat setelah olahraga dapat membantu tubuh untuk meningkatkan kekuatan otot dan tulang serta meningkatkan daya tahan tubuh. Sebaliknya, pilihan menu dan cara makan yang keliru dapat berisiko menimbulkan cidera dan membuat tubuh lemah. Pilihan menu makanan yang dapat dikonsumsi setetelah olahraga adalah makanan yang dapat membantu pemulihan tubuh secara tepat. Makanan tersebut di antaranya adalah makanan yang mengandung protein, lemak, dan karbohidrat untuk memulihkan otot dan persendian setelah olahraga. Selain kandungan nutrisi, Anda juga perlu memilih makanan yang bersih, yaitu makanan segar, diolah sesuai standar, dan tidak terlalu banyak mengandung zat aditif, misalnya pewarna atau pemanis buatan. Idealnya, makanlah 15 sampai 30 menit setelah olahraga untuk mengisi energi dalam tubuh.

Manakanan dan minuman apa yang sebaiknya dikonsumsi setelah olahraga?

Berikut direkomendasikan berbagai makanan dan minuman yang bisa memulihkan kondisi tubuh setelah berolahraga.

  1. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran yang baik dimakan setelah olahraga, di antaranya pisang, alpukat, dan bayam. Pisang mengandung cukup kalori dan potassium. Kalori berfungsi sebagai sumber energi dalam tubuh. 1 buah pisang ukuran sedang umumnya mengandung 120 kalori. Sementara itu, potassium adalah elektrolit yang dibutuhkan supaya organ-organ tubuh dapat bekerja dengan benar dan optimal. Saat olahraga, tubuh menggunakan sebagain besar kalori dan potassium dalam tubuh, maka dari itu mengonsumsi pisang menjadi pilihan tepat setelah olahraga. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin dan serat yang bisa menambah nutrisi bagi tubuh. Alpukat mengandung lemak tinggi tak jenuh tunggal, potassium, dan vitamin yang bisa asupan energi setelah tubuh kehilangan sumber energi setelah berolahraga. Alpukat juga cocok dikomsumsi untuk mencegah timbulnya peradangan sendi dan kolesterol tinggi. Bayam juga baik dikonsumsi setelah olahraga karena bahan kimia (phytoecdysteroids) yang bisa memperbaiki jaringan otot dengan cepat setelah berolahraga.

  1. Air Kelapa

Air kelapa dapat menjadi minuman pilihan setelah olahraga karena mengandung elektrolit potassium dan rendah kalori. Sebenarnya, selain potassium, tubuh juga memerlukan asupan sodium setelah olahraga, dan kandungan sodium dalam kelapa tidak terlalu tinggi. Tetapi, bagi mereka yang berolahraga ringan, kandungan nutrisi dalam air kelapa tersebut sudah cukup untuk membantu memulihkan tubuh setelah olahraga.

  1. Susu

Susu yang direkomendasikan diminum setelah olahraga adalah susu coklat rendah lemak. Dalam susu tersebut terkandung protein, karbohidrat dalam bentuk laktosa, serta elektrolit potassium dan sodium yang membantu memulihkan dan mengisi energi tubuh relative cepat setelah olahraga. Minumlah susu coklat rendah lemak sebanyak 500 ml setelah olahraga supaya tubuh dapat menerima nutrisi dan memulihkan tubuh.

  1. Kacang dan Polong

Kacang-kacangan yang cocok dikonsumsi setelah olahraga, di antaranya almon dan kacang polong. Almon mengandung serat, protein, kalsium, magnesium, kalium, dan merupakan salah satu sumber alfatokoferol vitamin E yang dengan mudah diserap oleh tubuh. Vitamin E bermanfaat sebagai antioksidan yang bisa melindungi otot dari radikal bebas yang dihasilkan setelah olahraga. Selain kacang-kacangan, polong juga baik dikonsumsi setelah olahraga karena mengandung karbohidrat kompleks yang bisa memberikan energi ke otot dan otak.

  1. Ikan

Ikan mengandung protein yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh sehingga bisa cepat mengembalikan energi tubuh yang digunakan selama berolahraga. Ikan juga mengandung omega 3 yang bisa menurunkan kolesterol, memperkuat otot jantung, dan memulihkan kelelahan otot setelah olahraga.

  1. Telur

Telur mengandung asam amino yang dapat dikonversi ke kulit, otot, kolagen, dan jaringan tubuh yang lain secara efisien. Telur yang direbus kemudian dimakan setelah olahraga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain pilihan menu makanan dan minuman, Anda juga perlu memerhatikan porsi makanan. Konsumsilah makan dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk menjaga berat tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *