Lakukan Rutinitas Malam Ini Agar Lebih Produktif di Pagi Hari

Hindari kegiatan tidak menentu

Anda mungkin memiliki kegiatan yang cukup padat di siang hari. Bahkan terkadang Anda harus membawa kekacauan atau beban yang Anda dapatkan di siang hari sampai pada waktu tidur.

Hindari hal tersebut dan fokuskan pikiran ketika Anda berencana untuk tidur. Selain itu, menghindari kegiatan media sosial, bermain handphone atau bahkan menonton secara maraton pertunjukan yang Anda cintai juga sangat diperlukan.

Ini karena

Pada saat itu, otak sedang memproduksi dopamin ketika Anda memiliki begitu banyak hal acak yang ada di pikiran Anda, sehingga pada gilirannya, menyebabkan Anda kesulitan untuk tidur.

Anda bisa meninggalkan barang elektronik di luar kamar dan menjaga suasanan tempat tidur lebih kondusif untuk tidur.

Hilangkan pikiran negatif

Ketika mengalami stres, tubuh akan lebih sulit untuk tertidur. Otak akan terus bekerja dan membuatnya bingung apakah waktunya untuk istirahat atau bekerja.

Selain itu, emosi negatif dapat menurunkan kekebalan karena dapat mempengaruhi setiap bagian tubuh. Membawanya tidur akan semakin mempengaruhi kesehatan Anda yang menyebabkan Anda kekurangan istirahat yang diperlukan tubuh Anda.

Matikan pikiran negatif dari sistem Anda, setidaknya selama waktu istirahat.

Ini karena

Melakukan sesuatu yang membuat Anda bersemangat dapat membantu mengubah suasana hati. Paksa pikiran Anda untuk memikirkan hal-hal yang baik. Hilangkan pikiran-pikiran yang tidak diinginkan yang mencoba mendominasi pikiran Anda.

Lakukan satu hal yang Anda cintai

Otak akan rileks ketika Anda melakukan sesuatu yang menyenangkan. Otak terstimulasi ketika Anda bahagia yang meningkatkan kewaspadaan dan produktivitas kognitif Anda.

Hal ini menempatkan Anda di zona aman di mana Anda dapat menikmati diri sendiri untuk saat ini. Melakukannya sebelum tidur adalah waktu terbaik karena membantu menyegel energi positif yang akan mengkondisikan pikiran Anda keesokan harinya.

Berikan waktu pada diri untuk menikmati sesuatu yang Anda sukai.

Rencanakan kegiatan untuk hari berikutnya

Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada menyambut hari baru tanpa rencana tindakan yang jelas. Hal ini menyebabkan lebih banyak gangguan dan penurunan produktivitas.

Ini karena

  • Memberi Anda gagasan yang jelas tentang apa yang ingin Anda lakukan pada hari berikutnya. Hal ini juga akan membantu mengarahkan ke arah hal-hal yang perlu Anda capai alih-alih menanggapi kebutuhan semua orang.
  • Dapat memutuskan jam berapa hari Anda dapat melakukan kegiatan. Hal ini akan memberi Anda pandangan yang jelas tentang mana yang harus Anda atasi terlebih dahulu.

Tetapkan tujuan sebelum tidur

Sama seperti bepergian, tanpa mengetahui tujuan pasti, Anda tidak akan tahu arah yang tepat untuk melakukan kegiatan.

Siapkan tujuan ketika akan tidur dan saat bangun. Hal ini akan menjadi pengingat bahwa Anda memiliki tujuan yang harus dipenuhi dan mengkondisikan pikirannya untuk menjadi produktif pada hari berikutnya.

Begitu pun dalam tidur, latihlah pikiran untuk memikirkan hal-hal yang Anda inginkan. Berpikir itu gratis, jadi jangan membatasi diri Anda.

Bagikan Momen Refleksi dan Doa

Evaluasi diri sendiri kebaikan apa yang sudah Anda lakukan hari ini. Hal ini adalah sebuah pertanyaan yang harus diajukan pada diri sendiri, mengingat hidup tidak hanya untuk diri sendiri tetapi apa yang dapat diberikan kepada orang – orang di sekitar yang membutuhkan.

Selain itu, menyisihkan waktu untuk berdoa atau bersyukur akan membantu memperbaiki suasana hati.

Persiapkan hal – hal yang berkaitan dengan esok

Cara terbaik untuk tidak tergesa – gesa di pagi hari adalah dengan mempersiapkan hal – hal yang dibutuhkan di malam sebelumnya. Hal ini memang perlu waktu penyesuaian, tapi lama kelamaan, ini akan menjadi salah satu rutinitas.

Membuat penyesuaian kecil pada waktu malam dapat membantu Anda menjadi lebih produktif di hari berikutnya.

Source: medium.com

Baca juga:

Membangun Harga Diri Sebagai Kunci Kebahagiaan

Rahasia Kebahagiaan: Rutinitas Untuk Memulai Hari

Kebiasaan Sehat yang Membawa Kebahagiaan

Berbelas Kasih Kepada Diri Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *