Kebiasaan Sehat yang Membawa Kebahagiaan

Jika Anda ingin memiliki lebih banyak kebahagiaan dalam langkah pertama mungkin untuk mengubah pandangan Anda tentang apa sebenarnya kebahagiaan. Anda harus berfikir bahwa kebahagiaan adalah hal yang dapat dibuat atau diciptakan.

Setengah dari kebahagiaan tergantung pada pilihan sadar yang Anda buat setiap hari. Pilihan sering kali berulang dan seiring dengan berjalannya waktu dapat menjadi kebahagiaan. Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa kebahagiaan seseorang dapat berasal dari pola hidup yang dijalani.

Makanlah makanan yang sehat

Secara fisik, dan sampai batas tertentu secara emosional, makanan dapat mempengaruhi diri Anda. Inilah kenapa pola makan menjadi hal yang penting.

Tiga aspek yang perlu diperhatikan meliputi:

Apa yang Anda makan.

Makanlah dengan diet seimbang. Pilih biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, sayuran, protein dan serat. Makan berbagai makanan untuk mendapatkan berbagai macam nutrisi. Hindari gula olahan, lemak jenuh, vitamin megadosa dan makanan padat kalori. Menghilangkan lemak trans.

Berapa banyak Anda makan?

Berhentilah makan ketika merasa sedikit kenyang. Jika Anda berhenti beberapa menit setelah merasa sedikit kenyang, Anda akan segera merasa nyaman.

Bagaimana anda makan?

Makan perlahan dan kunyah makanan Anda dengan baik. Gunakan gigitan kecil dan nikmati setiap potongan. Pendekatan ini dapat membantu Anda menikmati makanan seklaigus menurunkan berat badan jika hal tersebut menjadi tujuan Anda.

Jaga agar tubuh Anda tetap gesit

Hampir semua yang Anda inginkan dalam hidup akan lebih mudah dicapai jika Anda lebih aktif secara fisik. Setiap minggu, kebanyakan orang dewasa yang sehat harus mendapatkan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang atau 75 menit, selain latihan penguatan otot.

Berusahalah untuk mendapatkan aktivitas fisik yang cukup dengan ide-ide ini:

Temukan cara praktis untuk menjaga kebugaran

Parkir mobil Anda lebih jauh dari toko, berjalan menaiki tangga, berjalan ke kantor rekan kerja Anda alih-alih menelepon, jadwalkan rapat jauh dari kantor, berjalan ke restoran yang Anda pilih, berjalan sambil berbicara di telepon di kantor atau di rumah, atau bergabung dengan klub atletik.

Kombinasikan aktivitas fisik dengan perhatian penuh kegembiraan.

Berjalan-jalan di alam adalah salah satu cara untuk melakukan ini. Saat Anda berjalan, lihatlah rumput hijau, langit biru, dan ukuran serta bentuk awan. Lihatlah tanaman dan pohon sebagai orang bijak tanpa pamrih berdiri dengan tenang dan nikmati segala yang ada di alam.

Dapatkan tidur berkualitas

Lebih dari setengah dari kita tidak cukup tidur, dan seringkali, tidur kita tidak nyenyak. Otak dan tubuh akan bertambah cepat dengan kurang tidur. Tidur adalah makanan otak, jadi anggap tidur sebagai waktu yang penting.

Jadikan tidur nyenyak sebagai prioritas dengan tips ini:

  • Jika Anda bisa, cobalah untuk tidak membawa kekhawatiran tidur bersama Anda.
  • Rilekskan tubuh dan pikiran sebelum tidur. Rutinitas yang rileks dapat meliputi mandi air hangat, membaca yang menenangkan, menarik napas panjang atau makan makanan ringan.
  • Jika kekhawatiran terus mengganggu, tulislah dalam jurnal atau cobalah yang terbaik untuk menunda memikirkannya sampai pagi.

Terhubung dengan orang lain

Mempunyai hubungan sosial yang baik merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan kebahagiaan. Manusia merupakan makhluk sosial yang memiliki kebutuhan mendasar.

Memiliki dukungan sosial merupakan penyangga di saat stres. Berhubungan dengan orang lain juga dapat membantu menempatkan masalah dalam perspektif orang lain, dan terkadang dapat memberikan jalan keluar yang lebih baik.

Cara yang terbaik untuk terhubung dengan orang lain meliputi:

Bagikan rasa terima kasih dan cinta

Sampaikan terima kasih kepada mereka yang telah membuat perbedaan dalam hidup Anda. Kirim Sebuah kartu, menulis sebuah surat atau kunjungi secara langsung.

Bersenang-senang dan tertawa

Tertawa telah terbukti menurunkan tekanan darah, mengurangi hormon stres tertentu, bertahan melawan infeksi pernapasan, meningkatkan daya ingat dan pembelajaran, meningkatkan kewaspadaan, dan meningkatkan kreativitas.

Source: mayoclinic.org, psychologytoday.com, webmd.com

Baca juga:

Membangun Harga Diri Sebagai Kunci Kebahagiaan

Rahasia Kebahagiaan: Rutinitas Untuk Memulai Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *