Varian Olahraga yang Cocok untuk Lansia

Kapan seseorang masuk dalam kategori usia lanjut? Seseorang dikatakan lanjut usia atau lansia ketika memasuki usia di atas 60 tahun. Lansia sendiri diartikan sebagai tahap akhir perkembangan daur kehidupan yang ditandai dengan menurunnya kesehatan fisik dan keterampilan otak. Perlu diketahui bahwa tidak semua manusia dapat hidup sampai pada usia lansia, maka dari itu hidup sampai lansia bisa dikatakan sebagai kesempatan emas. Seseorang yang memasuki usia lanjut membutuhkan perawatan khusus agar bisa menikmati masa tua dengan bahagia.

Bagi lansia, menjaga tubuh agar tetap bugar menjadi penting mengingat bahwa pada usia tersebut kesehatan fisik cenderung menurun. Maka dari itu, selain asupan makanan bergizi, lansia juga perlu melakukan olahraga fisik secara teratur. Tidak semua jenis olahraga dapat dilakukan oleh lansia karena adanya penurunan fungsi organ tubuh pada usia lanjut. Berikut ini dipaparkan beberapa jenis olahraga yang cocok untuk usia lanjut supaya kebugaran tubuh tetap terjaga.

  • Jalan Kaki

Jalan kaki adalah jenis olahraga ringan dan mudah dilakukan sehingga cocok untuk orang lansia. Jalan kaki dapat menjadi media untuk melatih otat dan tulang agar dapat bergerak secara aktif. Selain itu, bagi lansia, jalan kaki juga berfungsi untuk membakar kalori. Sebelum jalan kaki, sebaiknya perhatikan juga rute yang akan ditempuh, misalnya pilihlah rute yang datar dan tidak terlalu menanjak agar memudahkan pergerakan lansia. Jika lansia rutin jalan kaki beberapa kali dalam seminggu, maka dapat memperkuat tulang dan massa otot serta menyehatkan jantung dan paru-paru.

  • Senam

Senam juga dapat menjadi pilihan olahraga yang tepat untuk orang lansia. Senam dapat menyetabilkan denyut jantung sehingga peredaran darah dapat berjalan lancar. Senam yang cocok untuk lansia adalah senam yang tidak terlalu banyak gerakan dinamis dan cepat mengingat bahwa kondisi fisik lansia sudah tidak sebugar anak muda.

  • Berenang

Berenang adalah salah jenis olahraga yang sebenarnya cocok untuk semua usia, oleh karena itu jenis olahraga ini juga bisa dipraktikkan oleh para lansia. Pada olahraga renang minim ditemukan cidera fisik dan benturan. Pada saat berenang, hampir semua bagian tubuh bergerak sehingga cocok untuk menyehatkan sendi. Berenang secara rutin dapat membantu menguatkan otot jantung dan paru-paru bagi para lansia.

  • Yoga

Yoga juga bisa menjadi olahraga pilihan untuk para lansia. Usahakan memilih yoga dengan gerakan sederhana, tanpa harus meliuk-liukkan badan karena kondisi fisik lansia tidak selentur seperti saat usia produktif. Yoga lebih berfungsi untuk mengatur pernapasan lansia dan melakukan peregangan tubuh. Dengan melakukan yoga, lansia dapat melatih diri agar lebih tenang dan bisa mengontrol emosi.

 

Beberapa pilihan olahraga tersebut memiliki manfaat penting untuk lansia, yakni untuk mencegah timbulnya masalah persendian, mencegah penyakit jantung dan Alzheimer, meningkatkan sistem imun, serta untuk mengontrol emosi. Jadi, olahraga itu penting dilakukan pada usia berapa pun. Akan tetapi, jangan lupa untuk memilih jenis olahraga yang cocok untuk usia dan kondisi tubuh agar Anda dapat merasakan kebugaran dan kesehatan jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *