Diet Sehat 2019 (8): Diet Nordic

Anda mungkin menyadari bahwa terdapat jenis diet baru yang menciptakan banyak kegaduhan dalam kesehatan. Diet tersebut adalah diet Nordic, dan beberapa pakar nutrisi berfikir bahwa diet jenis ini merupakan salah satu cara paling sehat untuk makan.

Diet ini diciptakan ketika para pakar kesehatan mencari tahu kenapa sebenarnya Eropa bagian utara mempunyai tingkat obesitas yang rendah dibandingkan dengan Amerika Serikat. Diet Nordic dikembangkan berdasarkan hidangan tradisional yang ditemukan di Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia dan Swedia.

Apa Itu Diet Nordic?

Diet Nordic tidak menghitung jumlah kalori atau diet ketat. Diet ini menawarkan diet jangka panjang yang menggunakan pendekatan seumur hidup untuk makan sehat. Fokus pada diet ini ialah makanan nabati, makanan yang mengandung protein tanpa lemak, karbohidrat kompleks dan lemak baik.

Jenis diet ini sebenarnya sudah ditemukan sejak beberapa tahun lalu, yang diadaptasi dari Baltic Sea Diet Pyramid di tahun 2004 termasuk lebih banyak rasa dan nilai gizi. Versi terbaru dari diet ini adalah menawarkan lebih banyak makanan dari alam, mengurangi zat tambahan makanan, memprioritaskan produk organik dan lebih banyak makanan buatan sendiri.

Bagaimana Diet Nordic Perbedaan diet Mediteranian?

Sebenarnya diet Nordic merupakan diet yang cukup mirip dengan diet Mediterania yang cukup populer. Kedua diet tersebut menambahkan konsumsi ikan air tawar, sayuran, buah – buahan, gandum utuh termasuk oats sebagai makanan diet serta membatasi konsumsi dari daging merah, produk susu, gula dan makanan olahan.

bunga kanola (pxhere.com)

Perbedaan utama dari diet ini adalah minyak yang digunakan. Apabila diet Mediterania menggunakan minyak zaitun sebagai tambahan lemak baik, maka diet Nordic memilih minyak kanola. Kedua minyak tersebut dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan kolestrol baik atau HDL dan mengurangi kolestrol jahat atau LDL.

Dikutip dari laman healthline, Dr. Nancy P. Rahnama, seorang dokter bariatric di Los Angeles menyebutkan bahwa: “Kedua minyak tersebut merupakan minyak nabati yang banyak memiliki kandungan omega-3. Karena minyak kanola memiliki lebih sedikit lemak jenuh dibandingkan dengan minyak zaitun, minyak ini dianggap lebih sehat, akan tetapi kedua minyak tersebut mempunyai kegunaan yang berbeda di dalam dapur.”

Seperti contoh, minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi, lebih lezat dan biasanya digunakan untuk salad dressing dan topping, sedangkang minyak kanola merupakan minyak yang lebih tahan terhadap panas, sehingga dapat digunakan ketika memasak dan memanggang dalam suhu tinggi.

Manfaat Diet Nordic

Salah satu alasan utama diet ini disukai dan dipilih untuk berdiet dikarenakan diet Nordic mempunyai berbagai manfaat kesehatan yang didukung dengan banyak penelitian.

Organisasi kesehatan dunia World Health Organization (WHO) menemukan bahwa diet Mediterania dan diet Nordic dapat menurunkan resiko kanker, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Studi lain juga menyebutkan bahwa diet Nordic dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, menormalkan kadar kolestrol dan membantu menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan.

Selain itu, diet ini merupakan diet yang hampir mirip dengan diet anti inflamasi, yang pada dasarnya terdiri dari buah – buahan, sayuran, protein tanpa lemak dan lemak baik. Diet tersebut dapat menurunkan inflamasi dalam jaringan lemak yang mempengaruhi obesitas.

Diet ini juga dapat membantu para wanita yang ingin hamil.

pxhere.com

Dikutip dari laman healthline, Lauren Manaker seorang pakar diet terdaftar dan pemiliki dari Nutrition Now Counseling mengatakan bahwa:  “Gaya hidup ini sejalan dengan rekomendasi yang saya berikan kepada klien saya ketika mereka berusaha untuk hamil.” Diet ini merupakan diet yang rendah akan makanan olahan dan karbohidrat olahan, dengan porsi makan yang mengandung protein nabati dan makanan laut lebih besar, hal tersebut dapat meningkatkan peluang kehamilan.

source: healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *