Diet Sehat 2019 (6): Diet Mayo Clinic

Apa Itu Diet Mayo Clinic?

Diet Mayo Clinic merupakan kombinasi dari penurunan berat badan dan gaya hidup yang lebih sehat. Dengan diet Mayo Clinic, Anda perlu perlu menata ulang bagaimana kebiasaan makan. Ubah kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik dengan bantuan piramida makanan dari Mayo Clinic.

Piramida tersebut terdiri dari buah- buahan, sayuran dan gandum utuh. Pada umumnya, jenis makanan tersebut mempunyai jumlah energi yang rendah, yang berarti dapat dikonsumsi lebih banyak tetapi harus mengonsumsi kalori lebih sedikit. Dengan menggunakan diet Mayo Clinic, berat badan dapat turun sekitar sekitar enam hingga 10 pond dalam waktu dua minggu dan selanjutnya berat badan akan turun sekitar satu hingga dua pond setiap minggunya sampai mencapai berat badan yang diinginkan.

Bagaimana Diet Mayo Clinic Bekerja?

Dalam buku terbaru “Mayo Clinic Diet” yang diterbitkan pada tahun 2017 menyebutkan bahwa diet Mayo Clinic terbagi menjadi dua fase, “Lose it!” dan “Live it!”. Fase pertama fokus pada 15 kebiasaan utama, mana yang harus ditambah dan mana yang harus dibuang. Dalam fase ini, Anda tidak perlu menghitung kalori. Anda dapat mengonsumsi camilan sebanyak yang Anda inginkan, asalkan buah dan sayur. Setelah dua minggu, dimulailah fase kedua yang mengajarkan berapa jumlah kalori yang harus dimakan untuk mengurangi atau mempertahankan berat badan serta darimana kalori tersebut berasal. Tidak ada kelompok makanan yang terlarang, Anda hanya mengembangkan pola makan sehat yang akan diikuti.

Fase pertama: Lose It (14 hari)

Yang perlu ditambahkan:

  • Sarapan sehat yang mengandung buah- buahan, sayuran, gandum utuh, lemak baik.
  • Sedikitnya 30 menit melakukan kegiatan fisik setiap harinya
  • Camilan sehat, seperti buah- buahan dan sayuran

Yang perlu dihindari:

  • Dilarang mengonsumsi makanan yang mengandung gula, kecuali gula buah
  • Mengonsumsi camilan secara bebas
  • Terlalu banyak mengonsumsi daging
  • Terlalu banyak mengonsumsi susu full cream atau susu berlemak
  • Perhatikan makanan yang dikonsumsi saat keluar rumah

Untuk mengetahui ke 15 kebiasaan yang perlu ditambahkan atau dihilangkan, Anda perlu mendaftar untuk dan mengikuti program pada klinik tersebut.

Fase Kedua: Live It

Setelah berhasil pada fase pertama, diet Mayo Clinic akan meminta Anda untuk melanjutkan pada fase kedua, yakni fase “Live It”. Pada fase ini,

Anda akan menggunakan apa yang didapatkan pada fase pertama, akan tetapi diizinkan sesekali untuk melanggar peraturan tersebut. Anda perlu menghitung jumlah kalori yang boleh untuk dikonsumsi. Dalam hal ini, Anda tidak perlu menghitung berapa jumlah bulir nasi coklat yang Anda konsumsi, akan tetapi Anda fokus pada porsi setiap harinya. Porsi makanan yang dapat dikonsumsi saat diet Mayo Clinic sudah tertera pada piramida makanan.

Jumlah makanan yang dikonsumsi setiap harinya:

  • Buah-buahan dan sayuran

    pxhere.com

Buah- buahan berada pada dasar piramida, hal tersebut berarti bahwa kebutuhan akan asupan kedua makanan tersebut menempati pertama, atau porsi terbesar dan dapat dikonsumsi sebanyak- banyaknya. Jumlah minimal yang dikonsumsi adalah 3 porsi buah dan 4 porsi sayuran, sehingga total 7 porsi sehari.

  • Karbohidrat

    nasi merah (pxhere.com)

Karbohidrat berada pada urutan asupan kedua yang perlu dikonsumsi. Anda dapat mengkonsumsi 4 hingga 8 porsi per hari.

  • Protein / produk susu

Jumlah aturan asupan bahan makanan ini tentunya tidak lebih besar dari karbohidrat, yakni 3 hingga 7 porsi per hari.

  • Lemak

Untuk lemak, Anda perlu lebih mengontrol diri karena hanya boleh dikonsumsi 3 hingga 5 porsi setiap harinya.

  • Gula

Bagi Anda pecinta manis, harap menahan diri karena jumlah maksimal gula yang dapat dikonsumsi adalah 75 kalori per hari. Akan tetapi hal ini tidak termasuk dengan gula pada buah- buahan.

Aktivitas fisik:

Lakukan aktivitas fisik untuk kebugaran dan membakar lemak selama 30 menit setiap harinya.

 

source: health.usnews.com , id.theasianparent.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *