Cara Jitu Jaga Lantai Rumah Tetap Higienis

Lantai merupakan bagian penting dalam rumah yang berfungsi sebagai alas rumah. Lantai adalah bagian rumah yang mudah terkena kotoran atau ditumbuhi bakteri karena bersentuhan langsung dengan kaki dan alas kaki. Maka dari itu, lantai sebaiknya dibersihkan setiap hari supaya senantiasa bersih serta terbebas dari bakteri atau kuman. Lantai yang kotor bisa menjadi rumah bagi kuman dan jika kuman atau bakteri tersebut menempel pada kaki, maka berpotensi menginfeksi tubuh. Oleh karena itu, kebersihkan lantai perlu dijaga supaya bersih, higienis, dan memiliki permukaan yang mengkilap sehingga sedap dipandang mata dan nyaman digunakan untuk berjalan.

Menjaga kebersihan lantai bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara yang umum dilakukan untuk membuat lantai bersih adalah menyapu dan mengepel lantai. Menyapu lantai berfungsi untuk membersihkan kotoran, seperti debu atau sisa makanan yang kemungkinan beserakan di lantai. Akan tetapi, menyapu lantai tidak terlalu efektif mengusir kuman atau bakteri yang kemungkinan menempel di lanatai. Maka dari itu, setelah disapu lantai sebaiknya dipel hingga bersih supaya kuman dan bakteri bisa terusir maksimal. Mengepel lantai tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena jika tidak tepat justru bisa membuat lantai menjadi licin dan bau. Oleh karena itu, perhatikan cara menjaga kebersihan lantai rumah dengan cara-cara berikut.

Pilih Sapu yang Kuat

Sapu merupakan alat penting yang digunakan untuk membersihkan lantai dari debu, sisa makanan, atau kotoran lain. Akan tetapi, pilihan sapu yang tidak tepat justru bisa menambah jumlah kotoran di lantai. Sapu yang tidak memiliki kualitas baik justru bisa meninggalkan remah dari bahan sapu atau dari helai sapu yang rontok. Kondisi tersebut justru bisa membuat kondisi lantai menjadi semakin kotor. Maka dari itu, pilih dan gunakan sapu dengan kualitas baik dan tekstur yang kuat supaya tidak mudah rontok. Sebagai referensi, Anda bisa memilih sapu yang terbuat dari microfiber yang menangkap dan membersihkan debu dan kotoran dengan efektif.

Pel Lantai dari Ruang yang Tidak Terlalu Kotor

Setelah lantai disapu, langkah selanjutnya adalan mengepel permukaan lantai untuk membasmi kuman atau bakteri yang kemungkinan masih menempel di lantai. Saat mengepel, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya lantai bisa bersih maksimal, misalnya urutan mengepel. Sebaiknya pel lantai mulai dari bagian rumah yang memiliki tingkat kekotoran paling rendah menuju ke bagian rumah yang memiliki tingkat kekotoran tinggi, misalnya dari kamar tidur, ruang tamu, kemudian dapur. Mulailah mengepel dari pojok ruangan hingga ke pintung. Gunakan gerakan zigzag saat mengepel karena dinilai bisa membuat lantai menjadi bersih maksimal. Jangan lupa untuk mengganti air yang digunakan untuk mencelupkan kain pel ketika sudah keruh karena air keruh yang digunakan untuk mengepel tersebut justru bisa membuat lantai menjadi semakin kotor. Selain itu, bedakan pula alat pel yang digunakan di dalam rumah dengan alat pel yang digunakan di bagian luar rumah karena jika dicampur justru bisa membuat kotoran atau bakteri berpindah dari satu ruangan ke ruangan yang lain.

Gunakan Cairan Pembersih Lantai

Saat mengepel, Anda bisa menambahkan cairan pembersih lantai untuk membantu membersihkan kotoran dan membasmi bakteri lebih maksimal. Selain itu, cairan pembersih lantai juga bisa membuat lantai beraroma harus sehingga membuat rumah menjadi lebih nyaman ditinggali. Tuangkan cairan pembersih pada air yang digunakan untuk mengepel lantai dengan cukup. Hindari mencampurkan cairan pembersih lantai terlalu banyak karena bisa membuat lantai lengket ketika dipijak. Campurkan cairan pembersih dengan komposisi yang lebih banyak pada ruangan yang mempunyai tingkat kekotoran tinggi, misalnya dapur. Pel lantai dengan merata, termasuk lantai yang tertutupi karpet atau lantai di bawah perabotan rumah supaya lantai menjadi bersih serta terbebas dari bakteri dan kuman.

Saat mengepel, gunakan kain pel yang memiliki tekstur lembut dan mempunyai daya serap yang tinggi. Jangan lupa untuk memeras kain pel setelah dicelup ke air supaya lantai tidak basah berlebih yang membuatnya susah dikeringkan. Mengepel lantai merupakan cara utama untuk menjaga lantai rumah Anda senantiasa bersih dan higienis. Maka dari itu, sapu dan pel lantai rumah Anda secara berkalas supaya bersih, terbebas dari kuman, serta memiliki tampilan yang mengkilap dan menarik.

Baca juga:

Cara Menjaga Kebersihan Kamar Mandi

Jamur yang Bisa Tumbuh di Dinding Rumah

Syarat Memiliki Hunian Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *