Jaga Kebersihan dan Kesehatan Saat Menstruasi: Begini Caranya

Menstruasi atau haid dialami oleh hampir semua wanita pada setiap bulannya. Pada saat menstruasi, tubuh akan meluruhkan sel telur dalam rahim yang tidak terbuahi dalam bentuk darah dan lendir. Menstruasi tersebut bisa terjadi antara 1-15 hari. Pada saat menstruasi, perempuan akan mengalami perubahan fisik dan psikis, seperti nyeri di perut, punggung sakit, mudah berkeringat, emosi yang tidak terkontrol, dan sebagainya. Kondisi tersebut tentu bisa menimbulkan rasa yang kurang nyaman jika tidak dikelola dengan baik.

Perubahan kondisi fisik ataupun psikis pada wanita yang sedang menstruasi perlu disikapi dengan khusus supaya tidak mengganggu aktivitas dan kesehatan. Darah dan lendir yang dikeluarkan dan produksi keringat yang meningkat saat menstruasi harus diperhatikan supaya tidak membuat badan menjadi kotor dan dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan. Menjaga kesehatan saat menstruasi bisa dilakukan dengan memastikan tubuh tetap bersih. Kebersihan dan kesehatan saat menstruasi perlu dijaga dengan baik agar tidak mengganggu kondisi tubuh. Berikut ini beberapa langkah yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh saat mengalami menstruasi.

Ganti Pembalut Secara Rutin

Pembalut memang dibutuhkan saat menstruasi untuk membantu menyerap darah yang keluar dari organ kewanitaan. Saat menstruasi, organ kewanitaan menjadi lebih lembab dari biasanya. Maka dari itu, pilihlah pembalut yang mengandung antiseptik supaya bisa mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di area kewanitaan. Pembalut yang digunakan terlalu lama juga bisa menjadi tempat pertumbuhan jamur dan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Gantilah pembalut secara rutin, kurang lebih sebanyak 3-5 kali sehari, atau sesuaikan dengan banyaknya darah yang keluar setiap harinya. Jangan lupa bersihkan area kewanitaan terlebih dahulu sebelum mengganti pembalut. Selain pembalut, rutinlah mengganti celana dalam agar tubuh tetap bersih dan nyaman.

Bersihkan Area Kewanitaan dengan Tepat

Kebersihan area kewanitaan sangat penting untuk dijaga, terutama pada saat menstruasi, karena area kewanitaan menjadi lebih lembab. Membersihkan area kewanitaan yang tepat dilakukan dengan air bersih yang mengalir dan gosokan tangan. Hindari menggunakan sabun atau produk pembersih lainnya karena dikhawatirkan bisa mengganggu keseimbangan flora di area kewanitaan. Bersihkan area kewanitaan dari depan ke belakang agar bakteri atau kotoran tidak masuk ke dalam vagina. Bersihkan area kewanitaan dengan teratur, khususnya sebelum mengganti pembalut. Pastikan untuk membersihkan dengan seksama karena darah yang keluar tidak hanya menempel di pembalut, tetapi juga bisa menempel dan mengering di bibir vagina. Area kewanitaan yang bersih bisa mencegah berkembangnya jamur dan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Pakaian yang nyaman pada saat mentruasi bisa membantu menekan produksi keringat yang berlebih. Pilihlah pakaian yang longgar dan mudah menyerap keringat supaya kulit tidak terlalu lembab dan gerah. Hindari menggunakan celana yang ketat saat menstruasi karena bisa menambah kelembapan di area kewanitaan.

Mandi

Produksi keringat berlebih saat menstruasi bisa membuat tubuh menjadi mudah kotor dan bau. Maka dari itu, mandilah dengan teratur untuk membersihkan dan menyegarkan tubuh. Mandi yang teratur bisa membantu membersihkan bakteri atau kotoran yang menempel di tubuh setelah seharian beraktivitas. Usahakan untuk mandi dengan air hangat pada sore hari untuk membantu merelaksasi tubuh dan meredakan serta mencegah terjadinya kram perut.

Kontrol Makanan yang Dikonsumsi

Pilihan makanan yang dikonsumsi saat menstruasi juga berpengaruh pada kesehatan tubuh. Kurangi konsumsi garam atau makanan mengandung garam saat menstruasi karena bisa menyebabkan perut kembung. Hindari juga mengonsumsi daging merah karena bisa memicu nyeri perut dan pendarahan yang berlebihan.

Olahraga

Olahraga saat menstruasi bisa membantu melenturkan otot saat menstruasi, termasuk otot perut, yang bisa membantu mencegah terjadinya kram perut. Olahraga yang bisa dilakukan saat menstruasi, misalnya yoga, karena bisa membantu melancarkan aliran darah serta mengurangi nyeri di perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *