Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

3 Langkah Mudah Berdasarkan pada Penelitian

Banyak cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Akan tetapi berbagai cara tersebut akan membuat lapar atau merasa tidak puas. Apabila tidak ada kemauan kuat, maka rasa lapar akan membuat Anda menyerah pada pola diet dengan cepat.

Rencana yang diuraikan meliputi:

  • Mengurangi rasa lapar secara signifikan
  • Membuat penurunan berat badan lebih cepat tanpa rasa lapar
  • Meningkatkan kesehatan metabolisme dalam waktu yang bersamaan

Berikut ini merupakan tiga langkah dalam menurunkan berat badan dengan cepat.

Mengurangi Asupan Gula dan Tepung

Bagian penting dalam penurunan berat badan adalah mengurangi asupan gula dan tepung (karbohidrat). Ketika melakukan itu, maka tingkat rasa lapar akan berkurang sehingga Anda akan mengonsumsi kalori lebih sedikit. Sekarang, sebagai ganti pembakaran karbohidrat, tubuh akan menggunakan lemak yang tersimpan sebagai bahan bakar.

sumber karbohidrat (pxhere.com)

Keuntungan lain dari mengurangi karbohidrat adalah untuk menurunkan level insulin. Hal ini membuat ginjal melepaskan kelebihan natrium dana air keluar dari tubuh sehingga dapat meredakan kembung dan kelebihan air yang menambah berat. Kehilangan sekitar 5 kilogram bahkan lebih dalam minggu pertama dengan pola makan ini, baik lemak tubuh dan berat air bukanlah hal yang luar biasa.

Kesimpulannya ialah, mengurangi asupan gula dan tepung (karbohidrat) dapat menurunkan rasa lapar, menurunkan level insulin dan menurunkan berat badan tanpa rasa lapar.

Konsumsi Protein, Lemak dan Sayuran

Setiap kali makan, menu makanan harus mengandung sumber protein, sumber lemak dan sayuran rendah karbohidrat. Membangun cara makan yang seperti ini secara otomatis akan membuat asupan karbohidrat ke kisaran yang direkomendasikan yakni berkisar antara 20 – 50 gram setiap harinya. 

Sumber Protein:

  • Daging: Daging sapi, ayam, daging kambing, daging domba
  • Ikan dan seafood: Salmon, udang dan sebagainya.
  • Telur: Semua bagian telur

Sayuran Rendah Karbohidrat:

  • Brokoli
  • Bayam
  • Tomat
  • Kale
  • Kubis
  • Timun
  • Bunga kol

Sumber Lemak:

  • Minyak Zaitun
  • Minyak Kelapa
  • Minyak Alpukat
  • Mentega

Setiap harinya, makan sebanyak dua hingga tiga kali. Apabila merasa lapar pada sore hari, maka tambahkan makan keempat. Jangan takut memakan lemak, karena melakukan pola makan rendah karbohidrat dan rendah lemak secara bersamaan merupakan resep kegagalan. Hal tersebut akan membuat Anda tersiksa dan meninggalkan rencana diet.

Olahraga Angkat Beban Tiga Kali dalam Seminggu

angkat beban (pxhere.com)

Olahraga untuk menurunkan berat badan sebenarnya tidak diperlukan dalam pola makan ini, akan tetapi olah raga merupakan hal yang direkomendasikan. Pilihan terbaik adalah pergi ke tempat fitnes tiga hingga empat kali dalam seminggu. Lakukan pemanasan dan angkat beban. Apabila Anda merupakan pemula, maka bertanya pada trainer untuk beberapa masukan.

Dengan olah raga angkat beban, Anda akan membakar banyak kalori dan mencegah melambatnya metabolisme yang merupakan efek samping dari penurunan berat badan. Penelitian pada diet rendah lemak menunjukkan bahwa Anda bahkan dapat mendapatkan tambahan masa otot ketika kehilangan lemak di tubuh yang cukup signifikan. Apabila olah raga angkat beban bukan merupakan pilihan untuk Anda, olahraga pilihan lain adalah kardio seperti jalan, jogging, lari, bersepeda atau berenang.

Opsional – Lakukan “Carb Refeed” Sekali dalam Seminggu

Carb Refeed merupakan pengecualian hari di mana Anda dapat mengonsumsi lebih banyak karbohidrat. Banyak orang memilih hari sabtu untuk melakukan “Carb Refeed”.  Akan tetapi, jenis karbohidrat yang dikonsumsi haru sesuai dengan program diet, seperti oats, kentang, singkong/ubi, buah – buahan, biji gandum dan nasi. Perlu diingat, bahwa hari konsumsi karbohidrat lebih tinggi hanya sehari dalam seminggu, apabila Anda melakukan lebih dari sekali dalam seminggu maka diet tidak akan sukses.

Apabila Anda harus mengonsumsi  makanan yang tidak sehat saat diet atau disebut “cheat meals”, maka lakukan pada hari itu. Perlu diperhatikan, bahwa cheat meals atau carb refeeds merupakan hal yang TIDAK perlu, akan tetapi kedua hal tersebut dapat meningkatkan beberapa hormon pembakar lemak seperti leptin dan hormon tiroid. Pada refeed day, Anda akan mengalami kenaikan berat badan, akan tetapi sebagian besar merupakan berat air dan akan kembali hilang pada satu atau dua hari berikutnya.

Source: healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *