Cara Alami Meredakan Diare

Diare adalah penyakit pencernaan yang ditandai dengan berubahnya tinja atau feses menjadi lembek dan cair. Diare membuat frekuensi buang air besar menjadi bertambah, umumnya 3x dalam 24 jam. Diare membuat penderitanya bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air besar sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan juga bisa mengganggu aktivitas harian. Diare dapat disebabkan oleh seringnya mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, asam, atau bersantan karena dapat membuat usus kaget. Selain itu, diare juga bisa disebabkan oleh kelebihan vitamin C atau alergi pada makanan dan minuman tertentu.

Diare tidak boleh dianggap remeh dan diabaikan begitu saja karena bisa menyebabkan munculnya penyakit yang lebih serius. Diare dapat diobati dengan cara dan bahan alami berikut. Akan tetapi, jika cara berikut tidak kunjung meredakan diare yang diderita, sebaiknya segera periksakan ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang lebih profesional.

  • Konsumsi Minuman Probiotik

Minuman probiotik seperti yogurt dapat membantu menyembuhkan diare karena mengandung bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan usus. Probiotik yang dikonsumsi dapat membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus untuk melawan bakteri jahat penyebab diare. Selain pada yogurt, bakteri baik tersebut juga dapat ditemukan pada keju atau suplemen probiotik.

  • Bubur Wortel

Wortel mengandung pektin yang bisa membantu meredakan dan menyembuhkan diare. Wortel dapat diolah dalam bentuk bubur atau sup hangat. Rebus wortel kemudian haluskan wortel menggunakan blender dan air hingga lembut. Setelah itu tuang ke dalam mangkok dan siap dikonsumsi.

  • Kunyit Madu

Kunyit madu dapat membantu meredakan diare yang disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas atau asam. Kunyit madu dapat membantu meredakan diare dan meningkat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat segera pulih. Campurkan 1 sendok makan bubuk kunyit dan campur dengan 3 sendok makan madu kemudian seduh air hangat. Minum larutan tersebut dalam kondisi hangat untuk membantu merelaksasi perut.

  • Teh Chamomile

Teh chamomile mengandung antioksidan yang bisa membantu membunuh bakteri penyebab diare yang bersarang di saluran pencernaan. Oleh karena itu, teh chamomile bisa diseduh untuk mengobati atau mencegah datangnya diare.

  • Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang bisa dijadikan obat untuk meredakan diare. Pisang mengandung serat larut yang dapat membantu melancarkan jalannya feses. Selain itu, pisang juga mengandung kalium yang bisa membantu mengganti elektrolit yang hilang selama diare untuk menghindari tubuh menjadi lemas.

  • Blueberry

Blueberry dapat dikonsumsi untuk meredakan diare karena mengandung tannin yang dapat membantu meredakan perut kembung. Blueberry menganduk antibacterial dan antioksidan yang bisa membantu melenyapkan bakteri atau kuman penyebab diare dalam saluran pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *