Cara Alami Memutihkan Gigi

Memiliki gigi yang sehat tentu menjadi impian banyak orang karena bisa membuat proses mengunyah makanan menjadi lancar. Gigi sehat sering diidentikkan dengan gigi yang berwarna putih, bersih, dan tidak berlubang. Gigi putih tersebut juga bisa menambah kepercayaan diri seseorang ketika berbicara. Gigi yang berwarna kekuning-kuningan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya faktor genetik, jarang menyikat gigi atau kurang bersih saat menyikat gigi, terlalu sering mengonsumsi kopi atau alkohol, merokok, dan faktor yang lain.

Cara utama untuk menjaga kesehatan dan warna gigi adalah dengan rajin membersihkan gigi yang bisa dilakukan dengan gosok gigi, flosing, atau menggunakan mouth wash setelah gosok gigi. Selain cara tersebut, ada sebagian orang yang berusaha melakukan perawatan gigi, baik di klinik atau di rumah sakit, untuk mendapatkan gigi yang putih. Perawatan gigi tersebut tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk membuat tampilan gigi menjadi putih. Bahan alami tersebut dinilai aman digunakan karena minim kandungan bahan kimia buatan dan minim efek samping. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa membantu memutihkan warna gigi dan bisa dipraktikkan di rumah.

Siwak

Siwak merupakan jenis kayu yang dikenal sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Kayu siwak bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri, mengurangi plak, serta bisa mencegah gigi berlubang. Kayu siwak bisa digunakan setelah Anda menggosok gigi untuk mendukung supaya gigi bersih maksimal. Anda bisa membersihkan dan menghaluskan permukaan kayu siwak lalu digosokkan pada gigi seperti saat menggunakan sikat gigi. Selain cara tersebut, kayu siwak juga dapat dibersihkan lalu dihaluskan kemudian dioleskan pada gigi. Setelah itu, berkumurlah dengan air bersih. Kayu siwak bisa membantu membunuh bakteri di gigi, menghilangkan plak, serta membuat warna gigi menjadi putih bersih.

Daun Sirih

Beberapa orang tua biasanya menguyah daun sirih dengan mulut atau yang biasa disebut nginang. Daun sirih mengandung senyawa yang bisa membantu menguatkan gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, mencegah bau mulut, serta bisa membuat gigi tampak putih. Daun sirih dapat direbus kemudian air rebusannya digunakan untuk berkumur. Selain itu, Anda bisa menumbuk daun sirih sampai halus lalu dioleskan ke gigi kemudian berkumur sampai sisa tumbukan daun siring bersih dari mulut dan gigi.

Minyak Kepala

Minyak kelapa dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi dan membuat gigi sehat secara alami. Minyak kelapa mengandung antibakteri yang bisa membantu membersihkan gigi dan gusi dari bakteri yang membuat gigi menjadi kuning. Setelah sikat gigi, oleskan minyak kelapa pada gigi dan diamkan selama 5-20 menit supaya nutrisi minyak kelapa bisa terserap dalam gigi. Setelah itu berkumurlah untuk membersihkan minyak kelapa dari mulut.

Lemon

Bagian lemon yang bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi adalah kulitnya. Kulit lemon mengandung minyak esensial dan asam yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan memutihkan gigi. Cuci bersih kulit lemon lalu gosokkan pada gigi. Setelah itu, kumur dengan air sampai bersih. Kandungan asam yang terkandung dalam kulit lemon adalah asam tinggi yang selain bisa membunuh bakteri juga bisa mengikis email gigi. Oleh karena itu, gosokkan kulit lemon dengan lembut dan perlahan-lahan lalu jangan lupa untuk berkumur.

Biji Pinang

Biji pinang juga bisa dimanfaatkan untuk membuat gigi tampak putih. Bakar biji pinang hingga hangus lalu haluskan sampai lembut. Oleskan dan gosokkan bubuk biji pinang tersebut pada gigi kemudian berkumurlah sampai bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *