Bakteri yang Bisa Bersarang di Tempat Tidur

Setiap benda dan perabotan di rumah sebaiknya selalu dijaga kebersihannya karena bisa berpotensi menjadi sarang bakteri atau mikroorganisme lain jika dibiarkan kotor. Salah satu perabotan rumah yang harus dijaga kebersihannya adalah tempat tidur. Tempat tidur berfungsi sebagai media untuk membaringkan tubuh saat terlelap tidur. Tempat tidur yang bersih dan nyaman bisa membuat seseorang tidur dengan pulas dan berkualitas. Sebaliknya, tempat tidur yang kotor bisa membuat tidur menjadi kurang nyaman dan bahkan bisa menjadi sarang tumbuh dan berkembangnya bakteri, virus, atau organisme lain yang berbahaya bagi tubuh. Bagian dari tempat tidur yang perlu dijaga kebersihannya adalah kasur, bantal, guling, selimut, sprei, serta sarung bantal dan guling. Benda-benda tersebut akan menempel di tubuh saat tidur sehingga jika ada bakteri pada benda-benda tersebut, maka bisa berpindah ke tubuh dan menyebabkan gangguan kesehatan. Berikut ini diuraikan beberapa bagian dari tempat tidur yang berpotensi menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya bakteri, virus, atau organisme lain yang perlu diwaspadai.

Artikel terkait:

Desain Kamar Tidur yang Nyaman dan Sehat

Bahaya Lampu Kamar Menyala Saat Tidur

Kasur

Kasur merupakan alat diletakkan di atas tempat tidur untuk menimbulkan sensasi empuk sehingga tidur menjadi nyaman. Akan tetapi, kasur yang dibiarkan kotor dan jarang dibersihkan bisa menjadi tempat tumbuhnya tungau dan kutu. Dua organisme tersebut bisa menjadi masalah bagi kesehatan tubuh. Tungau merupakan serangga yang masih satu kerabat dengan laba-laba yang jika menempel pada kulit bisa memakan sel-sel kulit mati. Kotoran tungau juga bisa menyebabkan seseorang mengalami alergi, bersin, pilek, gatal-gatal, bengkak kulit, iritasi kulit, scabies, bahkan asma. Selain tungau, kutu atau kutu busuk juga bisa tumbuh di kasur yang kotor. Kutu busuk sering tumbuh di lipatan-lipatan kasur. Kutu busuk tersebut bisa mengeluarkan zat anaestesi dan memakan darah manusia. Oleh karena itu, bersihkan kasur yang menjadi alas tidur Anda dengan rutin dan berkala supaya tidak menjadi sarang tumbuh dan berkembangnya organisme tersebut.

Bantal

Selain kasur, bantal juga bisa menjadi tempat tumbuhnya mikroba dan jamur yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan jika dibiarkan kotor. Saat tidur, manusia masih tetap mengeluarkan keringat dan air liur sehingga bisa membuat beberapa bagian tempat tidur menjadi lembab, termasuk bantal. Bantal yang lembab dan kotor bisa menjadi tempat yang nyaman bagi mikroba dan bakteri untuk tumbuh dan berkembang. Mikroba dan jamur yang menempel di bantal bisa berkembang pesat dalam waktu satu minggu dan jika tertempel di kulit bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Mikroba yang ada di bantal bisa dengan mudah masuk ke dalam mulut dan hidung sehingga menyebabkan seseorang mengalami bersin-bersin, flu, pilek, gatal tenggorokan, bahkan asma. Oleh karena itu, bersihkan dan jemur bantal dengan berkala supaya tidak menjadi tempat tumbuhnya mikroba atau jamur yang bisa mengganggu kesehatan.

Sprei dan Sarung Bantal

Sprei dan sarung bantal merupakan benda yang wajib ada di tempat tidur. Sprei dan sarung bantal berfungsi untuk membungkus kasur dan bantal supaya lebih halus sehingga nyaman digunakan untuk tidur. Akan tetapi, sprei dan sarung bantal yang tidak dijaga kebersihannya atau dibiarkan kotor bisa menjadi sarang tumbuhnya bakteri. Bakteri yang sering tumbuh di sprei dan sarung bantal yang kotor adalah Staphylococcus aureus. Bakteri tersebut bisa menempel dan menginfeksi beberapa bagian tubuh, di antaranya hidung dan luka yang ada di kulit. Seseorang yang terinfeksi bakteri Staphylococcus aureus berpotensi menderita beberapa penyakit tertentu, di antaranya pilek, flu, infeksi kulit, infeksi aliran darah, infeksi saluran kemih, infeksi luka, dan pneumonia. Oleh karena itu, cuci serta ganti sprei dan sarung bantal dengan berkala untuk menghindari pertumbuhan bakteri tersebut sehingga tubuh bisa terhindar dari infeksi bakteri tersebut.

Beberapa bagian lain dalam kamar tidur yang juga berpotensi menjadi tempat tumbuhnya bakteri adalah gagang pintu, karpet, lukisan, dan sebagainya. Kosmetik kadaluarsa yang masih di simpan juga berpotensi menjadi tempat tumbuhnya bakteri dan jamur. Oleh karena itu, bersihkan perabotan atau benda-benda dalam kamar tidur dan tempat tidur dengan berkala supaya kamar tidur menjadi bersih. Kamar tidur yang bersih bisa membuat tidur menjadi nyenyak serta menghindari tumbuh dan berkembangnya bakteri, jamur, atau organisme lain yang berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *