Apa Saja Jenis Cacat Kulit?

Apa Itu Cacat Kulit?

Cacat kulit adalah segala jenis tanda, bercak atau perubahan warna yang muncul pada kulit. Cacat pada kulit mungkin tidak nyaman untuk dilihat dan sebagian besar tidak berbahaya serta tidak mengancam jiwa. Namun, beberapa cacat dapat menandakan kanker kulit.

Jenis Cacat Kulit

Jerawat

Jerawat merupakan kondisi umum yang dapat muncul sebagai:

  • jerawat
  • komedo hitam
  • komedo putih

Jerawat disebabkan ketika sebum (minyak), bakteri, atau kotoran menyumbat folikel rambut. Jerawat kadang-kadang dapat meninggalkan bintik-bintik gelap, bintik, atau bekas luka di kulit. Ini juga merupakan jenis cacat.

Terdapat beberapa sebab yang dapat menyebabkan jerawat seperti perubahan hormon. Stres juga dapat memperburuk jerawat dengan meningkatkan produksi sebum, meskipun tidak dianggap sebagai penyebab utama kondisi ini.

Papula

Papula adalah lesi kulit kecil dari beberapa jenis. Ukuran papula biasanya berdiameter sekitar 1 sentimeter. Papula memiliki warna antara merah muda dan coklat. Jerawat juga kadang-kadang disebut sebagai papula. Papula dapat muncul secara individual atau berkelompok dan dapat berbentuk apa saja. Contoh papula meliputi:

  • ruam cacar air
  • eksim
  • infeksi kulit

Psoriasis dan herpes zoster juga dapat menyebabkan papula terbentuk.

Nodul

Nodul adalah kumpulan jaringa yang sulit disentuh dan lebih besar dari papula dengan berdiameter 1 hingga 2 sentimeter. Nodul dapat terjadi pada semua tingkat kulit dan memiliki variasi warna dari daging segar hingga merah. Daging tumbuh dan kutil adalah contoh nodul.

Bintik-Bintik Penuaan

Bintik-bintik kecil dan gelap ini dapat terbentuk di area tubuh yang terkena sinar matahari. Mereka paling umum menyerang orang di atas 50 tahun, tetapi dapat juga terjadi pada orang yang lebih muda. Bintik-bintik penuaan adalah jenis hiperpigmentasi, atau kondisi kulit yang disebabkan peningkatan melanin.

Pustula

Pustula adalah benjolan berisi cairan atau nanah. Komedo putih dan cacar air adalah jenis pustula. Kondisi lain yang dapat menyebabkan pustula terbentuk termasuk scabies dan rosacea, kondisi kulit yang umum ditandai oleh lepuh dan pembuluh darah yang terlihat.

Rambut yang Tumbuh Ke Dalam

Teknik hair removal, seperti penjepit, waxing, atau mencukur terkadang bisa menghasilkan rambut yang tumbuh ke dalam. Hal ini terjadi karena rambut yang tumbuh kembali ke kulit dan terperangkap sehingga dapat menyebabkan terbentuknya benjolan merah. Orang dengan rambut keriting mungkin lebih rentan terhadap rambut yang tumbuh ke dalam daripada orang-orang dengan rambut lurus.

Tanda Lahir

Tanda lahir biasanya terjadi saat lahir atau tidak lama sesudahnya. Tahi lalat dan noda kecoklatan adalah jenis tanda lahir yang biasanya bertahan seumur hidup. Jenis lain, seperti hemangioma dan salmon patches, cenderung memudar seiring waktu.

Melasma

Melasma sangat umum terjadi selama kehamilan. Ini adalah kondisi kulit yang diidentifikasi oleh bercak kecoklatan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari dan perubahan hormon.

Kanker Kulit

Ada beberapa jenis kanker kulit, termasuk:

  • karsinoma sel basal
  • karsinoma sel skuamosa
  • melanoma ganas

Kanker kulit dapat bervariasi dalam penampilan dan warna. Beberapa bentuk kanker kulit terlihat seperti tahi lalat yang terus membesar. Hanya dokter yang dapat memastikan apakah suatu cacat adalah kanker kulit.

Kista

Ada beberapa jenis kista, diantaranya:

  • kista epidermoid
  • kista ganglion
  • kista sebaceous

Kista adalah kantung jinak (non-kanker) yang mengandung zat, seperti cairan dan mungkin muncul sebagai benjolan dengan berbagai ukuran pada atau di bawah kulit.

Bekas Luka

Jaringan parut kulit dapat terjadi ketika lapisan dermis menjadi rusak. Dermis adalah lapisan dalam kulit di mana pembuluh darah kecil (kapiler), kelenjar keringat, folikel rambut, dan ujung saraf berada. Jaringan parut dapat terjadi dikarenakan luka atau jerawat yang pecah.

Luka Dingin

Virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) dapat menyebabkan luka dingin. Virus ini menyebabkan lepuh berisi cairan. Luka dingin mungkin terasa gatal atau menyebabkan kesemutan. Ketika lepuh terbuka dan cairan keluar, koreng merah atau kuning terbentuk sampai sembuh.

Hiperpigmentasi

Produksi melanin yang berlebihan dapat menyebabkan warna kulit tidak merata atau bercak-bercak gelap. Penyebab hiperpigmentasi meliputi:

  • paparan sinar matahari
  • jaringan parut jerawat
  • perubahan hormon, seperti selama kehamilan

 

Healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *