Apa Itu Osteoartritis?

Pengertian

Osteoartritis (OA) adalah bentuk artritis yang paling umum, menyerang jutaan orang di seluruh dunia. Kondisi ini terjadi ketika tulang rawan pelindung di ujung tulang rusak seiring waktu. Kadang-kadang, osteoartritis disebut penyakit sendi degeneratif atau artritis degeneratif.

Meskipun osteoartritis dapat merusak sendi di tubuh, kelainan ini paling sering menyerang sendi di tangan, lutut, pinggul, dan tulang belakang.

Gejala osteoartritis biasanya dapat dikelola secara efektif, meskipun proses yang mendasarinya tidak dapat dibalik. Tetap aktif, mempertahankan berat badan yang sehat dan perawatan lain dapat memperlambat perkembangan penyakit dan membantu meningkatkan rasa sakit dan fungsi sendi.

Pada persendian normal, bahan karet yang disebut tulang rawan menutupi ujung setiap tulang. Tulang rawan memberikan permukaan yang halus dan meluncur untuk gerakan sendi dan bertindak sebagai bantalan di antara tulang-tulang. Pada OA, tulang rawan rusak, menyebabkan rasa sakit, bengkak dan masalah menggerakkan sendi. Ketika OA memburuk dari waktu ke waktu, tulang dapat rusak dan mengembangkan pertumbuhan yang disebut taji.

Gejala

Gejala osteoartritis bervariasi, tergantung pada persendian mana yang terpengaruh dan seberapa parah mereka terpengaruh. Sendi yang terkena mungkin bengkak, terutama setelah aktivitas yang diperpanjang. Gejala-gejala ini cenderung berkembang dari waktu ke waktu daripada muncul tiba-tiba.

Beberapa gejala umum meliputi:

  • Rasa sakit. Sendi mungkin sakit selama atau setelah gerakan.
  • Melemah. Sendi Anda mungkin terasa lunak saat memberikan tekanan ringan padanya.
  • Kekakuan. Kekakuan sendi mungkin paling terlihat ketika bangun di pagi hari atau setelah periode tidak aktif.
  • Hilangnya fleksibilitas. Anda mungkin tidak dapat menggerakkan sendi melalui berbagai gerakannya.
  • Sensasi gesekan. Anda mungkin mendengar atau merasakan sensasi gesekan – gesekan saat  menggunakan sendi.

Taji tulang. Potongan tulang ekstra ini, yang terasa seperti benjolan keras, dapat terbentuk di sekitar sendi yang terkena.

Berikut ini beberapa cara OA dapat memengaruhi berbagai bagian tubuh:

  • Pinggul. Rasa sakit terasa di daerah selangkangan atau bokong dan terkadang di bagian dalam lutut atau paha.
  • Lutut. Sensasi “gesekan” terjadi saat menggerakkan lutut.
  • Jari. Pertumbuhan tulang (taji) di ujung sendi dapat menyebabkan jari menjadi bengkak, lunak dan merah. Mungkin ada rasa sakit di pangkal ibu jari.
  • Kaki. Nyeri terasa di persendian besar di dasar jempol kaki. Mungkin ada bengkak di pergelangan kaki atau kaki.

Penyebab Osteoartritis

Meskipun osteoartritis telah lama diyakini disebabkan oleh “keausan” sendi dari waktu ke waktu, para ilmuwan sekarang melihatnya sebagai penyakit sendi. Berikut adalah beberapa faktor yang berkontribusi pada pengembangan OA:

  • Gen: Berbagai sifat genetik dapat membuat seseorang lebih mungkin mengembangkan OA. Salah satu kemungkinan adalah cacat langka dalam produksi kolagen tubuh, protein yang membentuk tulang rawan. Abnormalitas ini dapat menyebabkan osteoartritis terjadi sejak usia 20 tahun.
  • Berat: Kelebihan berat badan memberikan tekanan tambahan pada pinggul dan lutut. Bertahun-tahun membawa berat ekstra dapat menyebabkan tulang rawan yang membuat bantalan sendi lebih cepat rusak.
  • Cedera dan terlalu sering digunakan: Gerakan berulang atau cedera pada sendi (seperti patah tulang, pembedahan atau robekan ligamen) dapat menyebabkan osteoartritis. Ketidakseimbangan atau kelemahan otot-otot yang menopang persendian juga dapat menyebabkan perubahan gerakan dan akhirnya kerusakan tulang rawan pada persendian.
  • Lainnya: Beberapa faktor lain dapat menyebabkan osteoartritis. Faktor-faktor ini termasuk gangguan tulang dan sendi seperti rheumatoid arthritis. Gangguan metabolisme tertentu seperti hemochromatosis, yang menyebabkan tubuh menyerap terlalu banyak zat besi dapat juga menjadi penyebab. Penyebab lain ialah acromegaly, yang menyebabkan tubuh membuat terlalu banyak hormon pertumbuhan.

Source: arthritis.org, mayoclinic.org, medicalnewstoday.com, webmd.com

Baca juga:

Hal – hal yang Perlu Diketahui Seputar Osteoporosis

Kondisi Tulang Langka: Osteogenesis Imperfecta

Infeksi Tulang: Osteomielitis

Osteomalacia: Pengertian, Gejala dan Penyebab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *