Bakteri yang Bisa Tumbuh di Peralatan Kerja

Meja kerja merupakan bagian dari salah satu perangkat rumah atau kantor yang aktif digunakan. Meja kerja digunakan untuk meletakkan seperangkat alat untuk bekerja seperti, laptop, komputer, mouse, kertas, bullpen, dan berbagai alat lain yang bisa mendukung pekerjaan Anda. Selain itu, di atas meja kerja juga sering diletakkan cangkir, gelas, atau minuman supaya seseorang tidak perlu pergi mengambil minuman saat haus di tengah-tengah kesibukan. Secara sekilas, meja kerja memang terlihat bersih karena setiap hari dibersihkan oleh cleaning service kantor atau asisten rumah tangga di rumah. Akan tetapi, meja kerja yang terlihat bersih tersebut sebenarnya tidak benar-benar bersih.

Peralatan kerja yang diletakkan di atas meja kerja sering disentuh langsung menggunakan tangan karena memang aktif digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. Meja dan peralatan yang ada di atas meja kerja biasanya dibersihkan dengan cara dilap supaya terbebas dari debu dan terlihat lebih mengkilap. Cara pembersihkan tersebut ternyata kurang efektif untuk membersihkan kuman, bakteri, atau mikroorganisme lain yang ada di benda-benda di atas meja kerja tersebut. Barang-barang di atas meja kerja kantor juga terkadang dipinjam atau digunakan bersama teman sehingga rawan ditempeli oleh berbagai bakteri dari tangan orang-orang yang memegangnya. Maka dari itu, meskipun terlihat mengkilap, belum tentu meja kerja dan segala peralatan yang ada di atas bebas dari kuman dan bakteri.

Beberapa penilitian menyebutkan bahwa meja kerja dan alat-alat kerja yang ada di atasnya mengandung kuman 400 kali lebih banyak daripada kuman yang ada di dudukan toilet. Dengan begitu, pekerja bisa memiliki risiko yang tinggi untuk terserang bahkan terinfeksi bakteri yang menempel pada peralatan kerja mereka. Maka dari itu, usahakan untuk membersihkan meja kerja dan alat-alat yang ada di atasnya menggunakan cairan pembersih khusus yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan kuman atau bakteri. Alat-alat kerja yang rawan dan paling banyak ditumbuhi bakteri biasanya adalah alat yang terus digunakan untuk mengerjakan tugas harian. Berikut ini diuraikan beberapa peralatan kerja yang rentan di tumbuhi bakteri.

Keyboard

Keyboard merupakan bagian dari komputer atau laptop yang aktif digunakan untuk menyelesaikan berbagai tugas untuk urusan pekerjaan. Keyboard dijalankan dengan melakukan sentuhan dan tekanan pada tombol-tombol alphabet menggunakan jari tangan supaya bisa mengetik teks dengan cepat dan efisien. Karena sering bersentuhan dengan jari tangan, maka keyboard tersebut rawan sekali tertempeli bakteri yang berpindah dari tangan. Bakteri tersebut bisa berpindah dari tangan ke keyboard dan kemudian akan tumbuh dan berkembang pada keyboard tersebut. Selain dari kontak dengan tangan, bakteri yang ada pada keyboard juga bisa berasal dari remahan makanan yang jatuh ke atas keyboard saat seseorang mengetik sambil makan atau nyamil. Jika keyboard tersebut jarang dibersihkan, maka pertumbuhan dan perkembangan bakteri tersebut menjadi lebih cepat.

Mouse

Mouse atau tetikus juga merupakan bagian dari komputer atau laptop yang sering bersentuhan dengan tangan. Mouse digunakan untuk menjalankan kursor pada komputer atau laptop yang dijalankan dengan tangan. Maka dari itu, bakteri dari tangan bisa dengan mudah berpindah ke permukaan mouse dan bisa pula berkembang lebih cepat di permukaan mouse. Mouse yang dipakai bergantian dengan teman kantor juga lebih banyak mengandung bakteri. Bakteri yang bisa menempel pada mouse adalah bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada usus jika tertelan atau masuk ke dalam tubuh dan organ pencernaan.

Bolpoin

Bolpoin juga merupakan salah satu alat kantor yang rentan ditumbuhi bakteri. Bolpoin yang sering dipinjamkan ke rekan kerja juga bisa mengandung bakteri yang lebih banyak dan beragam. Oleh karena itu, hindari menggigit bolpoin dan juga hindari membuka tutup bolpoin menggunakan mulut karena bakteri bisa berpindah dan masuk ke dalam tubuh.

Ponsel

Ponsel saat ini termasuk dari bagian alat kerja karena memiliki fitur-fitur canggih yang bisa memudahkan komunikasi dan menyelesaikan pekerjaan. Ponsel juga memiliki risiko yang sama menjadi tempat tumbuhnya bakteri karena sering bersentuhan langsung dengan tangan. Maka dari itu, bersihkan permukaan ponsel dengan cairan khusus supaya bakteri atau kuman yang menempel bisa lenyap dan hilang.

Kertas

Di meja kerja juga sering sekali bertumpuk kertas yang berisi materi atau tugas kerja yang sudah dicetak. Kertas tersebut memang bukan merupakan sumber penyakit, tetapi tidak menutup kemungkinan kertas tersebut juga bisa tertempeli bakteri jika bersentuhan dengan tangan. Selain itu, kertas juga mudah jatuh sehingga mudah terkena debu atau kotoran yang ada di lantai sehingga permukaan kertas menjadi tidak higienis.

Benda-benda di atas meja kerja tersebut memang rawan ditumbuhi bakteri jika tidak dibersihkan dengan benar. Maka dari itu, usahakan untuk selalu cuci tangan setelah menggunakan alat kerja di kantor untuk menghindari infeksi bakteri yang kemungkinan menempel di tangan.

Baca juga:

Jamur yang Bisa Tumbuh di Dinding Rumah

Bakteri yang Bisa Tumbuh di Tempat Tidur

One Reply to “Bakteri yang Bisa Tumbuh di Peralatan Kerja”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *