Aktivitas yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Olahraga

Olahraga merupakan salah satu jalan yang bisa ditempuh untuk mendapatkan hidup sehat, selain mengonsumsi makanan bergizi dan istirahat cukup. Saat berolahraga, tubuh akan bergerak aktif sehingga menggunakan banyak energi yang tersimpan dalam tubuh. Tubuh juga menjadi mudah berkeringat karena terjadi pembakaran kalori dan detoksifikasi ketika tubuh berolahraga. Bagi beberapa orang yang belum terbiasa, tubuh bisa menjadi capek dan napas menjadi “ngos-ngosan” setelah selesai berolahraga.

Olahraga memiliki manfaatkan baik untuk tubuh, di antaranya untuk memperkuat massa otot dan tulang, melancarkan pernapasan dan aliran darah, membakar lemak berlebih, dan manfaat yang lain. Manfaat tersebut bisa dirasakan jika olahraga dilakukan dengan rutin dan teratur. Selain itu, kegiatan atau aktivitas yang dilakukan setelah olahraga juga bisa memicu keberhasilan atau kegagalan olahraga. Jika Anda salah melakukan aktivitas atau kegiatan setelah olahraga, tubuh bisa jadi mengalami penurunan kesehatan. Berikut ini diuraikan beberapa aktivitas yang tidak boleh dilakukan setelah olahraga.

Tidak Melakukan Pendinginan

Setelah tubuh bergerak aktif saat olahraga, sebaiknya tubuh melakukan pendinginan terlebih dahulu sebelum benar-benar berhenti berolahraga. Pendinginan bisa dilakukan dengan peregangan ringan dan pengaturan napas setelah olahraga. Pendinginan tersebut berfungsi untuk membuat otot menjadi relaks, membantu tubuh menyesuaikan suhu, dan membantu menyesuaikan tingkat aktivitas otot dan sendi setelah olahraga. Pendinginan juga berfungsi untuk menurunkan denyut jantung dan tekanan darah secara bertahap. Orang yang tidak melakukan pendinginan saat olahraga dikhawatirkan ototnya justru menjadi terlalu tegang sehingga bisa menyebabkan cidera.

Menunda Makan dan Minum

Ada mitos yang beredar di kalangan masyarakat awam, bahkan setelah olahraga sebaiknya jangan makan atau minum terlebih dahulu. Mitos tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar. Saat olahraga tubuh bergerak aktif sehingga kehilangan banyak energi dan cairan tubuh. Anda justru dianjurkan untuk minum air putih setelah berolahraga yang bertujuan untuk mengganti cairan tubuh yang terbuang dalam bentuk keringat sehingga tubuh bisa terhindar dari dehidrasi. Hindari minuman bersoda atau beralkohol setelah olahraga karena justru bisa membuat tubuh semakin dehidrasi, memperlambat pulihnya otot, serta bisa memicu terjadi pembekuan darah. Setelah itu, 15-30 menit setelah olahraga, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan mengandung protein atau karbohidrat sederhana yang mudah dicerna tubuh sehingga mempercepat pemulihan otot dan bisa mengisi energi tubuh yang hilang. Makanlah dalam porsi cukup dan jangan berlebih, serta hindari makanan berlemak karena sulit dicerna oleh tubuh.

Tidak Ganti Baju

Pada saat berolahraga tubuh mengeluarkan banyak keringat dan keringat tersebut akan menempel di baju atau pakaian yang digunakan. Pakaian yang terkena banyak keringat tersebut rawan ditumbuhi oleh bakteri yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Oleh karena itu, segera ganti baju setelah berolahraga dengan baju yang kering dan bersih. Kebiasaan tidak segera ganti baju setelah olahraga bisa membuat bakteri yang tumbuh di baju berpindah ke kulit.

Mandi dengan Air Dingin

Mandi dengan air dingin tepat setelah berolahraga sebaiknya dihindari. Tubuh memang memiliki suhu yang panas dan mengeluarkan banyak keringat setelah olahraga sehingga mandi dengan air dingin kadang dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan tubuh dan menyetabilkan suhu tubuh. Akan tetapi, mandi dengan air dingin tepat setelah berolahraga ternyata tidak bisa menurunkan suhu tubuh dan justru bisa menyebabkan turunnya daya tahan tubuh. Setelah olahraga sebaiknya istirahatkan tubuh sejenak sampai detak jantung dan tekanan normal. Istirahat tersebut juga bisa menjadi waktu bagi tubuh untuk membakar lemak dan melakukan pemulihan otot. Setelah istirahat beberapa menit, Anda diperbolehkan mandi, sebaiknya menggunakan air hangat karena air hangat bisa membantu menyetabilkan suhu tubuh setelah olahraga.

Melakukan Aktivitas Berat

Setelah berolahraga, Anda tidak diizinkan untuk langsung melakukan aktivitas berat. Saat berolahraga otot tubuh melakukan banyak kontraksi sehingga akan lelah dan butuh istirahat. Jika Anda langsung melakukan aktivitas berat, otot bisa menjadi lebih lelah dan kemungkinan terjadi luka bahkan kerusakan jaringan. Oleh karena itu, beristirahatlah sejenak setelah olahraga untuk memberikan waktu bagi otot supaya melakukan relaksasi dan pemulihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *