Aktivitas Harian yang Dapat Memperburuk Mata Kering

Ketika memiliki mata kering kronis, maka mata akan terasa gatal dan berair secara terus menerus. Mata kering kronis tidak hanya terasa sangat tidak nyaman, tetapi juga memiliki efek jangka panjang pada kesehatan mata seseorang. Oleh karena itu, perlu memperhatikan beberapa aktivitas harian yang dapat menyebabkan mata kering tanpa disadari.

Menggunakan Pengering Rambut

Menggunakan hair dryer dapat berkontribusi dalam memperparah kondisi mata kering. Udara yang hangat dan kering yang dipancarkan dapat membuat pelembab mata menguap sehingga memperparah gejalanya.

Jika Anda sedang bepergian dan perlu mengeringkan rambut basah, cobalah untuk setidaknya mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan menggunakan pengering rambut. Misalnya, keringkan akarnya dan biarkan sisanya mengering.

Merokok Tembakau

Merokok dapat menyebabkan mata kering yang kronis. Hal ini dikarenakan asap tembakau dapat mengiritasi mata dengan menghancurkan lapisan air mata pelindung yang berminyak. Selain itu, merokok telah terbukti memiliki banyak efek jangka panjang pada mata, termasuk peningkatan risiko katarak dan degenerasi makula. Perlu diingat, bahwa bukan hanya perokok aktif yang dapat terpengaruh oleh asap rokok, tetapi perokok pasif juga mempunyai risiko yang sama.

Terpapar Suhu Ekstrim

Dari panas ke dingin, suhu ekstrem tersebut dapat berdampak signifikan pada mata. Suhu yang sangat panas (terutama ketika tidak ada kelembaban) dapat menyebabkan uap air menguap dari mata Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science menemukan bahwa suhu yang sangat dingin juga dapat mengeringkan mata. Suhu dingin dapat mengentalkan meibom, lapisan luar air mata berminyak. Akibatnya, air mata pelindung tidak mudah menyebar ke mata.

Berdiri Di Jalan Angin

Hembusan angin yang kuat, dari mana pun asalnya, dapat mengeringkan mata. Ada baiknya untuk menghindari lingkungan di mana udara dapat berhembus langsung ke wajah, seperti dari pendingin udara atau kipas angin yang kuat.

Jika akan berada di suatu tempat dengan angin kencang, cobalah untuk memakai kacamata hitam yang melingkar. Perlindungan menyeluruh dari jenis kacamata ini akan mencegah angin dari mencapai mata dan membuatnya kering.

Menurunkan Kaca Jendela Mobil Sangat Rendah

Angin yang di dapat dari menurunkan kaca mobil yang begitu rendah memang membuat kulit nyaman, akan tetapi tidak dengan mata. Selain mengeringkan mata, menjaga jendela tetap rendah saat mengemudi juga dapat meningkatkan risiko terkena serpihan kecil atau kotoran di mata.

Jika harus mengemudi atau mengendarai mobil dengan jendela terbuka, sekali lagi coba kenakan kacamata hitam.

Menggunakan Komputer

Menggunakan komputer dapat memperburuk mata kering karena berbagai alasan. Saat menggunakan komputer, seseorang cenderung untuk kurang berkedip. Tanpa berkedip teratur, mata menjadi lebih kering dari sebelumnya. Cahaya monitor komputer juga dapat memengaruhi penglihatan, menyebabkan mata lebih menyipit untuk membaca layar komputer. Akibatnya, mata mungkin merasa lelah dan kering.

Langkah-langkah yang diperlukan untuk meminimalkan mata kering terkait penggunaan komputer:

  • Berpalinglah dari layar komputer setiap 15 menit. Melihat titik yang jauh dapat membantu merelakskan mata.
  • Usahakan untuk berkedip lebih sering saat melihat komputer.
  • Simpan tetes mata di meja kerja atau lokasi lain yang mudah diakses. Gunakan secara berkala sepanjang hari.
  • Beristirahatlah sebisa mungkin untuk membantu mengurangi dampak penggunaan komputer terhadap mata. Anda bahkan tidak perlu meninggalkan meja, hanya dengan membuka dan menutup mata dapat membantu meringankan mata kering.

Menjaga lingkungan Anda sedapat mungkin dapat membantu mengurangi timbulnya mata kering. Seperti menggunakan pelembab udara yang dapat meningkatkan kelembaban di udara dan mengurangi efek atmosfer yang sangat kering.  (DL)

Healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *