6 Perawatan Untuk Anti-Aging

Ingin Tetap Tampil Muda?

Wanita merupakan makhluk yang cinta akan keindahan, termasuk keindahan pada dirinya, termasuk untuk tetap terlihat lebih muda dari usianya. Berikut ini adalah beberapa perawatan kulit rutin yang dibutuhkan untuk tetap terlihat muda.

Cuci Muka dengan Menggunakan Gentle Cleanser

pxhere.com

Mencuci muka merupakan hal yang penting untuk mengangkat berbagai macam jenis produk  skincare atau makeup yang diaplikasikan pada kulit ketika siang hari. Selain make up dan produk skincare, kulit wajah, polusi dan bakteri yang menumpuk di wajah juga dapat terangkat. Hal ini juga berarti bahwa, produk kecantikan yang akan digunakan selanjutnya dapat meresap ke dalam kulit dan bekerja lebih efektif.

Pemilihan sabun yang digunakan untuk mencuci muka harus hati – hati dikarenakan pembersih dengan pH yang tinggi seperti sabun biasa sangat sangat keras dan dapat membuat kulit rentan terhadap iritasi dan infeksi. Selain itu, bahan lain yang harus dihindari adalah sodium lauryl sulfate, karena termasuk bahan yang keras.

Perlukah toner?

Toner diciptakan untuk mengembalikan kulit ke pH yang lebih rendah, apabila menggunakan cleanser dengan pH tinggi. Akan tetapi jika menggunakan cleanser dengan pH yang rendah, maka toner tidak diperlukan.

Gunakan Exfoliant Fisik Atau Kimia

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami penurunan dalam membenahi diri. Kulit mati tidak di Sel-sel kulit mati tidak digantikan oleh sel-sel segar dengan cepat, hal ini menjadikan kulit terlihat kusam dan tidak rata. Exfoliant merupakan cara terbaik untuk membersihkan kulit mati.

Terdapat dua jenis exfoliant, yaitu fisik dan kimia. Sebaiknya menghindari exfoliant fisik yang keras seperti scrub dari gula dan pembersih dengan butiran – butiran, karena membuat kulit Anda lebih rentan kendur. Sebaliknya, pilih waslap atau spons lembut yang dapat menangani kebutuhan kulit.

Tepuk – tepuk, Jangan Menggosok

Serum mengandung bahan aktif yang memiliki konsentrasi tinggi daripada pelembap. Berhati – hatilah terhadap beberapa kandungan pada bahan anti – aging, yakni turunan vitamin A yang dikenal retinoid (retinol, tretinoin, dan tazarotene) dan vitamin C (asam L-askorbat dan magnesium ascorbyl fosfat). Selain meningkatkan kolagen di kulit, bahan tersebut juga bertindak sebagai antioksidan untuk menyerap stres oksidatif biologis dan lingkungan yang menumpuk yang menyebabkan penuaan

Jangan Lupakan Pelembab

pxhere.com

Seiring dengan bertambahnya usia, produksi sebum juga akan berkurang. Hal ini memang membuat kemungkinan munculnya jerawat berkurang, akan tetapi kulit juga akan mudah mengering. Salah satu alasan utama garis – garis halus adalah karena kulit mengalami dehidrasi, maka dari itu maka dari itu, pelembab harus digunakan. Pilih pelembab yang mengandung gliserin dan asam hialuronat, petrolatum dan mineral oil di malam hari dapat mencegah air menguap dari kulit.

Selalu Gunakan Sunscreen

Menggunakan perlindungan terhadap sinar matahari merupakan salah satu cara jitu untuk menjaga kulit Anda terlihat lebih muda. Matahari bertanggung jawab atas munculnya begitu banyak tanda penuaan di kulit. Studi terbaru menyebutkan, penggunaa suncreen setiap hari dengan SPF 30 dapat  membuat bintik-bintik penuaan memudar, memperbaiki tekstur kulit, dan meratakan kerutan sebesar 20 persen hanya dalam tiga bulan.

Lindungi Kulit Dari Tekanan

Kerutan dapat terjadi karena kerusakan pada kulit, serta dikarenakan kulit yang lebih tua dan lebih rapuh, tekanan dapat memiliki efek yang lebih besar. Penelitian telah menemukan bahwa menekan wajah Anda pada bantal saat Anda tidur dapat menyebabkan “kerutan tidur” permanen. (DL)

Healthline.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *