6 Cara Memaksimalkan Tidur untuk Mepercantik Kulit

Banyak hal yang dilakukan untuk membuat kulit cantik. Berbagai macam produk kecantikan laris di pasaran. Tetapi apakah Anda tahu bahwa salah satu kunci dari kulit yang sehat dan cantik adalah tidur? Beberapa peniliti menemukan bahwa kurang tidur dapat membuat beberapa masalah pada kulit, seperti:

  • kelopak mata menggantung
  • mata bengkak
  • lingkaran mata atau mata panda
  • kulit pucat
  • lebih banyak kerutan dan garis-garis halus
  • sudut mulut lebih murung

Pertama dan terpenting, Anda harus memahami bahwa tidur merupakan waktu ketika tubuh memperbaiki dirinya sendiri. Hal ini berlaku untuk epidermis seperti halnya untuk otak atau otot. Selama tidur, aliran darah ke kulit meningkat, dan organ akan membangun kembali kolagennya dan memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar UV, mengurangi keriput dan bintik-bintik penuaan.

Kedua, ketika tidur, wajah akan bersentuhan dengan apapun di sekelilinya untuk waktu yang lama jika mengikuti lama tidur yakni tujuh hingga sembilan jam.

Berikut ini adalah beberapa cara agar kulit dapat beristirahat dan kembali segar:

Dapatkan Tidur Malam yang Berkualitas

Hal terbaik untuk memulai kulit dan kesehatan secara menyeluruh adalah mendapatkan jumlah istirahat yang disarankan setiap malamnya. Jika mengalami kurang tidur, maka kulit akan mengalami hal – hal yang signifikan meliputi:

  • kulit yang menua lebih cepat
  • kulit yang tidak pulih juga dari faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari
  • kurang puas dengan kualitas kulit Anda

Terkadang Anda tidak mengikuti waktu tidur yang direkomendasikan yaitu selama tujuh hingga sembilan jam. Jika hal tersebut terjadi, Anda dapat mengikuti panduan perbaikan energi selama tiga hari yang sudah ditulis pada artikel sebelumnya.

Cuci Muka Sebelum Tidur

Tidur merupakan cara untuk membantu kulit memperbaiki dirinya sendiri: aliran darah meningkat, kolagen dibangun kembali, dan otot-otot di wajah akan rileks setelah hari yang panjang. Namun tidur dengan wajah yang kotor juga bisa membahayakan penampilan kulit. Membersihkan wajah setiap malam dapat dibilang lebih penting daripada di pagi hari. Jika kotoran yang menyumbat pori – pori tidak dibersihkan, maka akan menyebabkan kerusakan kulit seperti:

  • pori-pori besar
  • kulit kering
  • ruam
  • infeksi
  • peradangan
  • jerawat

Gunakan Pelembab Semalaman dan Letakkan Segelas Air Di Meja Samping Tempat Tidur

pxhere.com

Mencuci wajah dapat membuat kulit kering dan tidur juga bisa membuat kulit dehidrasi, terutama jika tidur di lingkungan yang kelembabannya rendah. Air memang dapat menghidrasi kulit, akan tetapi ketika waktu semalam penuh, maka yang paling dibutuhkan oleh kulit adalah pelembab.

Tidur Telentang atau Gunakan Sarung Bantal Khusus

Posisi wajah ketika tidur yang membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 9 jam merupakan hal penting bagi kulit. Apabila tidur dipermukaan kain yang kasar tentunya dapat mengiritasi kulit dan mengompres wajah selam berjam – jam dapat menyebabkan kerutan. Selain itu, kerutan di wajah atau dada dapat terjadi karena posisi tidur miring atau tengkurap.

Jika lebih suka untuk tidur miring, maka gunakan bantal yang berbahan kain ramah di kulit. Bantal dengan bahan satin atau sutra dapat meminimalkan iritasi sedangkan sarung bantal copper-oxide dapat mengurangi keriput dan garis halus.

Tinggikan Posisi Kepala

Meninggikan posisi kepala dapat membantu mengurangi kantong dan lingkaran di bawah mata dengan meningkatkan aliran darah dan mencegah penggumpalan darah. Meninggikan kepala saat tidur dapat dengan cara menambahkan bantal tambahan.

Jauhi Sinar Matahari Saat Tidur

Walaupun hanya tidur sebentar saat siang atau pagi hari, apabila kulit terkena paparan sinar matahari dapat memiliki efek merusak pada kesehatan dan penampilan kulit. Selain itu, tidur dengan kondisi yang terang dapat mengganggu ritme tidur. (DL)

Healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *