20 Makanan Yang Cocok Untuk Menurunkan Berat Badan

Tidak semua kalori diciptakan sama. Makanan yang berbeda dapat menciptakan efek metabolisme yang berbeda untuk tubuh. Hal tersebut dapat berpengaruh kepada rasa lapar, hormon dan jumlah kalori yang dibakar. Kali ini, kita akan membahas mengenai 20 makanan yang cocok untuk penurunan berat badan berdasarkan penelitian ilmiah.

Telur

pxhere.com

Sebelumnya telur pernah ditakuti karena tinggi kolestrol, akan tetapi saat ini telur menjadi menu diet yang disarankan. Hal ini dikarenakan telur memiliki kandungan tinggi protein, lemak baik dan dapat membuat Anda merasa kenyang dengan jumlah asupan kalori yang sedikit. Menariknya, hampir semua nutrisi dapat ditemukan pada kuning telur.

Sayuran Berdaun Hijau

Yang termasuk ke dalam sayuran berdaun hijau ialah kangkung, bayam dan sebagainya. Jenis sayuran tersebut memiliki kandungan rendah kalori dan karbohidrat serta tinggi serat yang dapat membuat kenyang lebih lama. Selain itu, sayuran ini memiliki bermacam – macam kandungan yang dapat mempercepat proses pembakaran lemak.

Salmon

pxhere.com

Salmon memiliki kandungan protein dan asam lemak omega 3 yang tinggi, lemak sehat dan berbagai nutrisi lain. Kandungan yodium pada salmon dapat memaksimalkan metabolisme tubuh.

Sayuran Berbuah

Yang termasuk ke dalam sayuran berbuah seperti brokoli, bunga kol dan kubis. Sayuran berbuah memiliki kandungan rendah kalori akan tetapi memiliki serat, protein dan nutrisi yang tinggi yang dapat menjadi pilihan tepat untuk penurunan berat badan serta meningkatkan kesehatan.

Daging Sapi Tanpa Lemak dan Dada Ayam

daging ayam tanpa kulit (pixabay.com)

Mengonsumsi daging sapi tanpa lemak dan dada ayam merupakan cara yang tepat untuk menaikkan asupan protein. Ganti sebagian karbohidrat atau lemak di program diet dengan protein dapat memudahkan untuk penurunan berat badan.

Kentang Rebus

Kentang rebus merupakan makanan yang dapat mengenyangkan. Jenis makanan ini bagus untuk menurunkan nafsu makan dan berpotensi menekan asupan makanan di hari berikutnya.

Ikan Tuna

Ikan tuna memiliki kandungan protein yang tinggi. Ganti nutrisi lain seperti karbohidrat dan lemak dengan protein yang efektif dalam strategi penurunan berat badan pada diet kalori terbatas.

Biji – bijian dan Polong – polongan

Sebagian biji – bijian dan polong – polongan bagus untuk ditambahkan dalam program diet. Jenis makanan tersebut memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi serta mengandung sedikit pati yang dapat membuat ras kenyang dan menurunkan asupan kalori.

Sup

Sup dapat menjadi makanan efektif diet karena terdiri dari air yang dapat membuat kenyang. Akan tetapi hindari sup krim atau sup berminyak.

Cottage Cheese

Mengonsumsi produk olahan susu rendah lemak, merupakan cara terbaik untuk mendapatkan asupan protein lebih banyak tanpa meningkatkan asupan kalori.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu contoh dari sumber lemak baik yang dapat dimasukkan ke dalam program diet ketika berusaha menurunkan berat badan. Akan tetapi, batasi dalam mengonsumsinya.

Cuka Sari Apel

cuka apel (pixabay.com)

Menambahkan cuka sari apel pada sayuran untuk membuat salad dapat membatasi nafsu maka, hal tersebut berpotensi untuk penurunan berat badan yang lebih besar.

Kacang – kacangan

Kacang – kacangan merupakan jenis camilan terbaik karena mempunyai jumlah protein, serat dan lemak sehat seimbang. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang dapat meningkatkan metabolisme bahkan meningkatkan penurunan berat badan.

Gandum Utuh

Termasuk didalamnya oats dan nasi merah. Oats memiliki kandunga beta-glukan, serat larut yang terbukti meningkatkan rasa kenyang dan kesehatan metabolisme.

Cabai

Mengonsumsi makanan pedas yang mengandung cabai dapat menurunkan nafsu makan sementara dan dapat meningkatkan pembakaran lemak.

Buah – buahan

Walaupun buah – buahan mengandung gula, akan tetapi tetap dapat dimasukkan dalam program diet. Buah – buahan mengandung banyak serat, antioksidan dan berbagai jenis nutrisi yang memperlambat naiknya gula darah setelah makan.

Grapefruit

Studi mengindikasikan bahwa grapefruit dapat menekan nafsu makan dan menurunkan asupan kalori ketika dikonsumsi sebelum makanan utama.

Chia Seed

Chia seed termasuk makanan yang paling bernutrisi. Kandungan protein tinggi pada Chia seed dapat menurunkan nafsu makan.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung medium-chain triglycerides (MCTs) yang meningkatkan rasa kenyang setelah makan.

Yogurt

Probiotik dalam yogurt dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Pertimbangkan untuk menambahkannya dalam program diet, akan tetapi hindari produk yang menambahkan gula.

Healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *