11 Makan yang Harus Dihindari Ketika Menurunkan Berat Badan

Makanan yang dikonsumsi dapat menimbulkan berbagai efek terhadap berat badan. Sebagian makanan seperti yogurt, telur dan minyak kelapa dapat membantu menurunkan berat badan. Makanan lainnya seperti produk olahan dan produk kemasan dapat membuat berat badan naik. Sebelumnya, kita sudah membahas makanan yang cocok dikonsumsi saat diet, kali ini kita akan membahas mengenai jenis makanan yang harus dihindari ketika menurunkan berat badan.

Kentang Goreng dan Keripik Kentang

keripik (pxhere.com)

Kentang utuh merupakan jenis makanan yang sehat dan mengenyangkan, akan tetapi kentang goreng dan keripik kentang berbeda. Kedua jenis makanan tersebut mengandung kalori yang tinggi dan mudah untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

Sebuah studi bahkan menemukan bahwa keripik kentang dapat menjadi penyumbang terbesar dalam kenaikan berat badan. Selain itu perlu diperhatikan, bahwa kentang yang dibakar, dipanggang dan digoreng dapat memiliki kandungan yang menyebabkan kanker, yaitu acrylamides. Maka sebaiknya cara yang paling tepat untuk memasak kentang adalah dengan merebus.

Minuman Manis Kemasan

Minuman manis kemasan seperti soda merupakan salah satu minuman paing tidak menyehatkan di dunia ini. Walaupun minuman manis mengandung banyak kalori, akan tetapi otak Anda tidak mengenal jenis tersebut sebagai makanan padat. Kalori gula cair tidak dapat membuat kenyang dan tidak akan menurunkan nafsu makan. Akan tetapi pada akhirnya Anda malah menambah jumlah asupan kalori.

Roti Putih atau Roti Tawar

Roti putih atau roti tawar merupakan makanan tanpa serat dan biasanya mengandung banyak gula. Roti jenis ini dibuat dari tepung yang sangat halus dan dapat meningkatkan level gula darah yang menyebabkan makan terlalu banyak. Namun, banyak jenis roti lain yang dapat dikonsumsi.

Permen

permen (pxhere.com)

Permen termasuk makanan yang sangat tidak sehat karena mengandung gula tambahan yang cukup banyak, tambahan minyak dan tepung. Selain itu, permen mengandung kalori yang tinggi akan tetapi tidak mengenyangkan. Apabila Anda ingin camilan, lebih baik konsumsi buah – buahan atau segenggam kacang.

Jus Buah Kemasan

Jus buah kemasan yang dapat ditemukan di supermarket mempunyai sedikit sekali persamaan dengan buah utuh. Jus tersebut mengandung banyak gula dan kalori. Selain itu, jus buah kemasan juga biasanya tidak mengandung serat dan tidak butuh untuk dikunyah.

Roti, Kue Kering dan Cake

pxhere.com

Roti, kue kering dan cake mengandung banyak bahan yang tidak sehat seperti gula tambahan dan tepung yang sangat halus.  Selain itu, mungkin beberapa jenis makanan ini juga bisa mengandung lemak trans yang menyebabkan banyak penyakit.

Beberapa Jenis Alkohol

Alkohol mengandung kalori lebih banyak daripada karbohidrat dan protein, sekitar tujuh kalori setiap gramnya. Namun, bukti bahwa mengenai hubungan alkohol dengan kenaikan berat badan belum jelas.

Es Krim

Es krim merupakan makanan yang sangat lezat akan tetapi juga sangat tidak sehat. Kandungan kalori dalam es krim cukup tinggi dan beberapa tipe mengandung gula. Anda dapat mencoba membuat es krim sendiri dengan mengurangi gula dan menggunakan bahan – bahan yang sehat seperti yogurt dan buah – buahan. Perlu diingat, batasi konsumsi es krim!

Pizza

Pizza merupakan makanan cepat saji yang sangat populer. Namun, pizza juga merupakan makanan yang sangat tidak sehat. Kandungan kalori pada pizza cukup tinggi dan biasanya mengandung berbagai jenis bahan yang tidak sehat seperti tepung halus dan daging olahan.

Kopi Berkalori Tinggi

Kopi memiliki zat aktif secara biologis. Sedangkan zat yang paling penting dalam kopi adalah kafein. Kafein dapat menaikkan kerja metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak dalam jangka waktu pendek. Akan tetapi efek negatif dari menambahkan bahan lain seperti cream dan gula bukanlah pilihan tepat.

Makanan Tinggi Gula Tambahan

Menambahkan gula merupakan hal terburuk dalam diet modern. Takaran yang berlebihan dapat mengakibatkan penyakit mematikan di dunia. Makanan yang mengandung gula tambahan mengandung kalori yang cukup tinggi, akan tetapi tidak mengenyangkan.

source: healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *