10 Kebiasaan Di Pagi Hari yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Konsumsi Sarapan Berprotein Tinggi

Taukah Anda kenapa sarapan itu penting? Jawabannya adalah karena apa yang dikonsumsi ketika sarapan dapat mengatur rangkaian selama satu hari penuh.

pixabay.com

Mengonsumsi sarapan berprotein tinggi akan membantu mengurangi rasa ingin makan dan membantu dalam penurunan berat badan. Dalam sebuah studi menyebutkan, mengonsumsi sarapan berprotein tinggi lebih efektif dalam menurunkan resiko “cravings” setelah makan dibandingkan dengan sarapan dengan protein normal.

Protein dapat juga membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi level ghrelin atau hormon lapar yang bertanggung jawab meningkatkan nafsu makan. Salah satu menu sarapan berprotein tinggi ialah telur, yogurt, keju dan kacang- kacangan.

Minum Lebih Banyak Air Putih

Awali pagi dengan segelas atau dua gelas air putih yang merupakan cara mudah untuk meningkatkan penurunan berat badan. Air dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi atau jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh setidaknya untuk 60 menit.

Dalam sebuah studi, meminum 500 ml air putih dapat meningkatkan metabolisme rata-rata sebesar 30%. Selain itu, meminum air putih juga dapat menurunkan rasa nafsu makan dan asupan makanan di beberapa individu. Mulai pagi hari dengan air putih dan tetap menjaga kadar air dalam tubuh agar tidak dehidrasi setiap harinya merupakan langkah baik untuk meningkatkan penurunan berat badan dengan sedikit usaha.

Timbang Berat Badan

Dengan menimbang berat badan setiap pagi dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan kontrol diri. Kegiatan tersebut juga dapat menumbuhkan kebiasaan dan perilaku sehat yang dapat mendorong penurunan berat badan.

pxhere.com

Untuk hasil yang optimal, timbang diri Anda setelah bangun tidur. Kemudian lakukan lagi setelah ke kamar mandi dan sebelum makan atau meminum sesuatu. Perlu diingat, bahwa berat badan mungkin dapat berfluktuasi dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Fokus pada gambaran besarnya dan berpatokan pada keseluruhan tren program penurunan badan, daripada fokus kepada perubahan – perubahan kecil sehari – hari.

Berjemurlah

Buka gorden di kamar dan membiarkan sinar matahari masuk atau meluangkan sedikit waktu keluar untuk berjemur setiap pagi dapat membantu memulai penurunan berat badan. Paparan sinar matahari menjadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D yang dibutuhkan. Beberapa studi menyebutkan bahwa vitamin D merupakan syarat untuk membantu penurunan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan.

Jumlah paparan sinar matahari yang dibutuhkan dapat bervariasi bergantung pada jenis kulit, cuaca dan lokasi. Bagaimanapun, membiarkan sinar matahari masuk atau berjemur selama 10 – 15 menit setiap paginya mempunyai manfaat dalam penurunan berat badan.

Melatih Perhatian

Perhatian merupakan latihan yang melibatkan fokus sepenuhnya pada saat ini dan membawa kesadaran pada pikiran dan perasaan. Latihan tersebut menunjukkan adanya penambahan penurunan berat badan dan meningkatkan pola makan sehat.

Melatih perhatian sebenarnya mudah. Untuk memulainya, coba luangkan waktu lima menit setiap pagi duduk dengan nyaman di suatu tempat yang tenang dan hubungkan dengan panca indera.

Sempatkan Untuk Melakukan Beberapa Latihan Fisik

Melakukan beberapa aktivitas fisik pertama di pagi hari dapat membantu mengurangi berat badan. Latihan fisik di pagi hari juga dapat membantu level gula darah stabil sepanjang hari. Gula darah yang rendah dapat menyebabkan berbagai macam gejala, termasuk rasa lapar yang berlebihan.

Siapkan Makan Siang

Berusaha untuk membuat rencana makan siang terlebih dahulu dapat menjadi cara yang mudah untuk membuat pilihan makanan dan meningkatkan penurunan berat badan. Faktanya, orang yang mengomsumsi makanan rumahan setidaknya lima kali dalam seminggu mempunyai kemungkinan 28% lebih kecil mengalami kelebihan berat badan daripada yang mengonsumsi tiga kali atau kurang dalam seminggunya.

Tidur Lebih Panjang

Pergi tidur lebih awal atau menyetel alarm lebih lama untuk mendapatkan ekstra tidur mungkin dapat meningkatkan penurunan berat badan. Kurangnya tidur berkaitan dengan meningkatnya asupan kalori.

Ganti Cara Bepergian

Menyetir mungkin merupakan cara terbaik untuk pergi kerja, akan tetapi hal tersebut tidak cukup baik untuk pinggang. Studi menyebutkan, jalan kaki, bersepeda atau menggunakan transportasi umum mungkin memang lelah, tapi dapat menurunkan risiko bertambahnya berat badan.

Mulai Mencatat Apa yang Dimakan

mencatat (pxhere.com)

Buat buku harian makanan untuk mengingat apa yang dimakan dapat menjadi cara efektif untuk meningkatkan penurunan berat badan dan membuat diri Anda bertanggung jawab. Coba menggunakan aplikasi atau hanya kertas dan pulpen untuk menulis apa yang dimakan dan apa yang diminum, dimulai dari hari pertama.

source: healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *